Diskominfotiks Rohil Taja Sosialisasi Pembekalan Dan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral

BAGANSIAPIAPI (Surya24.com) - Dinas  Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskofoinfotik) Kabupaten Rokan Hilir menggelar Forum Data Statistik Sektoral Kabupaten Rokan Hilir. 

Kegiatan ini mengambil Tema Sosialisasi dan Pembekalan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral dilaksanakan di hotel Armarosa, Bagansiapiapi, Senin (26/6/2023) kemaren. 

Sosialisasi Dan Pembekalan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral ini dibuka Kadis Kominfotiks Rokan Hilir, Indra Gunawan, SE, MH atas nama Bupati Rohil, Afrizal Sintong, S.IP. 

Hadir pada acara ini Kepala BPS Rokan Hilir, Ir. Rozalinda ME mendampingi Statistik Ahli Madya BPS Riau, Emilia Dharmayanthi, S.ST, Msi, Pranata Komputer Muda BPS Riau, Dadang Sunandar, S.ST, MT serta Kabid Perencanaan Perekonomian dan SDA Bappeda Rohil, Ahmad Syukri serta pejabat tinggi Pratama dan administrator Pemkab Rohil. 

Turut hadir pula 78 peserta utusan Organisasi Perangkat Daerah ( OPD) sebagai peserta di kegiatan tersebut. 

Kepala Diskominfotiks Rohil, Indra Gunawan SE.MH, mewakili Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam kesempatan itu menyebutkan kegiatan ini diadakan mengacu pada Peraturan BPS Nomor : 3 Tahun 2022. 

" Kegiatan ini bertujuan guna mengukur kemajuan penyelenggaraan statistik sektoral Pemerintah Daerah, juga tujuan untuk meningkatkan kualitas dan kwantitas sebagai penyelenggaraan statistik sektoral, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang statistik, " terang Indra Gunawan. 

Nenurut Indra Gunawan dimana hasil penilaian dari dua kegiatan statistik yang diajukan dalam EPSS (Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral) akan sangat menentukan. 

Kadiskominfotiks Rohil, Indra Gunawan, SE, MH, mengaku dengan kegiatan forum seperti ini diharapkan Pemerintah daerah dapat memperoleh informasi akurat, terpercaya dalam menyusun kebijakan dan program-program pembangunan. 

Ditambahkan Indra Gunawan selain informasi akurat melalui evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral diharapkan tercipta peningkatan kualitas layanan publik berkelanjutan di bidang statistik. 

" Kegiatan ini jadi sarana tukar menukar informasi, pemahaman, pengalaman dari berbagai pihak terkait dalam upaya meningkatkan efektivitas penyelenggaraan statistik sektoral di Kabupaten Rokan Hilir, " sebut Indra Gunawan. 

Tentunya dalam kegiatan seperti lintas sektoral dapat pula tercipta sinergi antara  BPS dengan Pemkab Rohil sehingga nantinya dapat pula mengembangkan metode dan strategi lebih baik dalam menghasilkan data statistik sektoral yang berkualitas. 

Dalam acara tersebut dilanjutkan dengan  pemaparan hasil evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral Tahun 2022 (Tahun lalu) dan pembahasan  langkah-langkah perbaikan yang dirasa perlu diperbaiki dan dilakukan guna  meningkatkan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral di masa mendatang untuk mencapai penyelenggaraan statistik sektoral transparan, akurat, dapat diandalkan untuk dasar pengambilan kebijakan yang tepat.(Hy)