Biar Ngga Dibilang ‘Wajah Boros’, Hindarii 7 Penyebab Ini Apa Saja?

Ilustrasi (Dok:Net)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Proses penuaan adalah bagian alami dari siklus kehidupan manusia, tetapi faktor-faktor tertentu dapat mempercepatnya. Wakjah cepat tua atau penuaan dini bisa menjadi hal yang mengecewakan bagi banyak orang. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa penyebab utama dari penuaan dini.

Paparan berlebihan terhadap sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari dapat merusak kulit dan mempercepat proses penuaan. Paparan sinar UV dapat menyebabkan kerutan, bintik-bintik penuaan, dan hilangnya elastisitas kulit.

Merokok merupakan kebiasaan yang secara signifikan berkontribusi pada penuaan dini. Zat-zat kimia dalam rokok dapat merusak kolagen dan elastin dalam kulit, yang penting untuk menjaga kekenyalan dan kekuatan kulit.

Nah biar kamu tidak penasaran penyebab lainnya. Yuk simak artikel berikut ini

7 Penyebab

Seperti diketahui penuaan adalah proses alami yang terjadi pada tubuh, termasuk wajah. Namun, jangan sampai Anda mengalami penuaan yang terlalu cepat.

Ada beberapa penyebab wajah terlihat tua di usia muda. Anda tentu perlu menghindarinya.

Kondisi ini bisa dikenal dengan istilah 'wajah boros' alias wajah yang terlihat lebih tua dari usianya. Misalnya, orang berusia 20-an yang terlihat seperti orang berusia 30-an atau 40-an.

Penyebab wajah boros ternyata bukan cuma makeup yang terlalu tebal. Tapi, ada sederet kebiasaan yang tanpa disadari bisa memicu tanda-tanda penuaan.

 

Berikut beberapa penyebab wajah terlihat tua di usia muda, merangkum berbagai sumber yang dilansir cnnindonesia.com

1. Lupa pakai sunscreen

Sunscreen bisa jadi 'benteng' bagi Anda yang selalu ingin tampil muda.

 

Pasalnya, mengutip Men's Health, paparan sinar ultraviolet (UV) memicu radikal bebas yang merusak kolagen, elastin, dan sel kulit itu sendiri.

Kondisi di atas bisa menyebabkan penuaan dini pada kulit seperti munculnya kerutan dan bintik hitam.

2. Makanan dan minuman manis

Asupan gula berlebih tak cuma memicu perut buncit, tapi juga membuat wajah terlihat lebih tua. Makanan dan minuman berpemanis tambahan akan meningkatkan kadar gula darah serta memicu peradangan dan jerawat.

3. Sering rebahan

Jika dijadikan kebiasaan, rebahan akan membuat Anda terlihat lebih tua.

Mengutip GQ, tubuh yang aktif bergerak akan mendorong sirkulasi dalam tubuh sehingga distribusi nutrisi sampai pada tingkat sel. Dengan demikian, kulit akan lebih cerah, sehat, dan muda.

4. Jarang minum

Asupan air membantu menghidrasi tubuh. Manfaat hidrasi ini juga dirasakan oleh kulit.

Air membantu membuat tampilan kulit lebih bersih dan segar.

5. Lupa cuci muka di malam hari

Idealnya, cuci muka dilakukan dua kali dalam sehari. Pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari setelah beraktivitas seharian.

Mengutip Men's Journal, aktivitas seharian membuat wajah menampung banyak kotoran, minyak, dan debu. Untuk itu, Anda perlu mencuci muka di malam hari untuk membersihkan kotoran yang bisa memicu penuaan jika dibiarkan.

6. Mandi air hangat

Kebiasaan mandi dengan air hangat bisa bikin kulit cepat keriput. Pasalnya, mandi air hangat dapat mengikis kelembapan alami kulit.

7. Sering eksfoliasi

Eksfoliasi tak perlu dilakukan setiap hari. Eksfoliasi berlebih bisa membuat kulit kering dan terlihat lebih tua.

Anda cukup melakukan eksfoliasi sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

Demikian beberapa penyebab wajah terlihat tua di usia muda.***