Imigrasi Dumai Laksanakan Upacara Hari Bhakti Ke-74 Sekaligus Peresmian Musholla Al-Ikhlas

DUMAI (Surya24.com) - Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Kota Dumai gelar upacara perayaan puncak Hari Bhakti Imigrasi yang ke-74 sekaligus peresmian Musholla Kantor Imigrasi. Kegiatan itu diadakan sekira Pukul, 08.30 Wib, dihalaman kantor Imigrasi, Jalan Yosudarso, kelurahan Buluh Kasap, Kecamatan Dumai Timur, Jumat (26/01/2024). 

Hari Bhakti Imigrasi (HBI) di peringati setiap tahun pada tanggal 26 Januari. Bertujuan sebagai bentuk penghormatan kepada jasa para Pahlawan kemerdekaan Indonesia. 

Upacara ini dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Ham Riau, Budi Argap Situngkir, A.Md.IP., S.H., M.H. Selaku Inspektur Upacara. 

Kegiatan upacara Hari Bhakti Imigrasi di ikuti oleh seluruh insan Imigrasi se-Riau, dan dihadiri Walikota Dumai Haji Paisal yang di wakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai Indra Gunawan, perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Dumai, pejabat teras pratama di lingkungan Kanwil Kemenkum HAM Riau, serta Ibu-ibu Dharma Wanita Persatua (DWP) Imigrasi. 

Setelah upacara berlangsung, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti sekaligus pemotongan pita, tanda di resmikannya Musholla Al-Ikhlas Kantor Imigrasi Dumai oleh Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Ham Riau Budi Argap didampingi Sekretaris Daerah Kota Dumai Indra Gunawan. 

Kepala Kantor Imigrasi kelas I TPI Kota Dumai Ricky Rachmawan saat diwawancarai media ini, menjelaskan tentang Filosofi logo HBI yang ke-74. Menurutnya Esensi pada Logo tersebut menggambarkan prestasi yang dicapai selama ini, dan harus di pertahankan. 

"Filosofi logo Hari Bhakti Imigrasi tahun ini adalah angka gabungan 7 dan 4 yang membentuk orang siap berlari dengan warna merah yang melambangkan semangat, energi dan kegembiraan serta warna emas yang melambangkan prestasi dan kesuksesan. Logo ini merepresentasikan kesiapan dan semangat Insan Imigrasi untuk terus berkarya dalam inovasi dan memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat serta pengabdian kepada bangsa dan negara," tegas Ricky pada Jumat, (26/01/2024).(zakaria)