INFOTORIAL DPRD KOTA DUMAI

DPRD Dumai Stuban ke Yogyakarta Mengenai Penerbitan Akta Kematian Buku Pokok Pemakaman

Foto : Ketua Komisi I DPRD Dumai, Idrus, S.T dan anggota bertukar cendera mata dengan perwakilan Pemerintah Kota Yogyakarta Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada kegiatan Kunjungan Kerja.

DUMAI (Surya24.com) - Komisi I DPRD Kota Dumai yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi I, Idrus, S.T, melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) sekaligus Studi Banding (Stuban) ke Pemerintah Kota Yogyakarta Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (7/3/2024). 

Kunjungan ini diterima oleh Sekretaris Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kota Yogyakarta, Ita Rustanti, S.Si., M.Eng., didampingi oleh Kepala Sub Bagian Keuangan Perencanaan Evaluasi dan Pelaporan, Niken Wahyu Wardhani, S.Em, M.Acc., dan Analis Kebijakan Ahli Muda, Martinus Agus Hutoro, S.Psi., M.Hum beserta staf. 

Kunjungan kerja Komisi I ini diikuti oleh Wakil Ketua Komisi I, Edison, S.H., Sekretaris Komisi I, Rudi Hartono, S.Psi, dan anggota komisi lainnya yaitu Sri Wanah, Agus Purwanto, S.T., Gusri Effendy, dan H. Salman, S.Sos. 

Salah satu poin yang dibahas dalam kunjungan kerja ini adalah terkait penyelenggaraan kesejahteraan sosial dan Penerbitan Akta Kematian Melalui Buku Pokok Pemakaman. 

Dalam mengurus akta kematian, Disdukcapil Kota Yogyakarta memiliki inovasi yang disebut "Serat Layon", dimana akta kematian, KK dan KTP El Janda/Duda akan diberikan oleh petugas kepada ahli waris langsung pada saat Upacara Pemakaman. 

Selain itu, Kota Yogyakarta memiliki Jogja Smart Service (JSS) yang dapat digunakan secara online oleh masyarakat untuk mengurus akta kematian dan bagi masyarakat yang tidak dapat menggunakan JSS, dapat menggunakan WhatsApp atau datang langsung ke MPP. 

Untuk pencetakan KTP, selain secara online, Kota Yogyakarta juga melakukan pelayanan drive thru menggunakan mobil kelilling sehingga dengan waktu hanya 3-5 menit masyarakat dapat melakukan pencetakan KTP tanpa perlu turun dari kendaraan. 

Ada banyak inovasi lainnya yang dilakukan oleh Kota Yogyakarta dalam mendukung kelancaran proses pelayanan administrasi kependudukan yaitu layanan Online adminduk, Layanan Mantul (Manten Anyar Entuk Telu), Inovasi Mantap (Manten Ayar Tercatat Dapat Empat), Layanan Kado Ananda, Layanan E Mobile KTP El, Layanan Jogja Solid. 

Masih banyak lagi masukan dan informasi lainnya yang diterima oleh Komisi I dalam kunjungan kerja ini, yang nantinya diharapkan dapat diterapkan oleh Pemerintah Kota Dumai untuk mendukung kelancaran proses pelayanan administrasi kependudukan.(inf)