Kerjasama Badan Koperasi dan Perniagaan Indonesia, Malaysia, Thailand Dikukuhkan

PENANG (Surya24.com) - Bertempat di Ixora Hotel Penang - Malaysia 29 Mei 2024 telah dilakukan pertemuan IMT - GT Koperasi oleh perwakilan koperasi dari 3 negara yaitu Indonesia, Malaysia dan Thailand. 

Pertemuan yang dihadiri oleh Wakil Direktur IMT - GT Mrs.Duangruetai dari Thailand, Presiden Angkasa, Ketua Kadin Dumai dan ratusan koperasi dari ketiga negara menghasilkan beberapa poin kesepahaman yang bertujuan untuk memperkuat peran koperasi dalam kerja sama Indonesia, Malaysia, Thailand atau yang biasa disebut IMT - GT. 

Salah satu narasumber asal Indonesia Muhammad Arief mewakili Kamar Dagang dan Industri ( KADIN ) kota Dumai memaparkan peluang dan potensi perdagangan dari Riau ke Malaysia melalui pintu pelabuhan Dumai. " Dumai yang letaknya strategis layak menjadi Hub ( pengumpul ) bagi komoditi yang ada di pulau Sumatera karena akan menjadikan biaya logistik lebih hemat, "katanya. 

Lebih lanjut pengusaha muda yang juga merupakan Mahasiswa Universitas Riau jurusan Hubungan Internasional ini menambahkan, " Kalau hal ini bisa dioptimalkan tentunya akan memberikan dampak ekonomi yang bagus bagi Riau dan beberapa Provinsi yang ada di pulau Sumatera ". 

Adapun konklusif dari pertemuan tersebut 
adalah :
1. Pengukuhan kerjasama antara badan koperasi dan perniagaan diantara Indonesia - Malaysia dan Thailand. 
2. Program ini juga berjaya menyaksikan sekitar 12 pemadanan perniagaan ( busines matching ) yang berjaya dilakukan diantara koperasi dan agensi-agensi daripada ketiga negara. 
3. Way forward atau next action plan bagi program ini adalah menganjurkan program pemadanan perniagaan diantara koperasi dan entiti perniagaan yang menjalankan bisnis perladangan dan pertanian.(rls)