Menjaga Bantuan Bea Siswa Agar Tidak Double, Spanduk Menghujat BAZNAS Rohil Malah Beredar.

Bagansiapiapi. (Surya24.com) - Dua lembar spanduk bertuliskan tudingan terhadap Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Rokan Hilir, Riau menghapus  bantuan biaya pendidikan (bea siswa) bagi Mahasiswa kurang mampu (mustahiq zakat) di tengah pandemi covid 19 beredar di fasilitas umum.

Jum'at (7/8/2020) spanduk bertuliskan selamat atas prestasi Komisioner Badan Amil Zakat (Baznas) Rohil yang menghapus bantuan bea siswa untuk Mahasiswa terbentang di pagar kantor PLN Jalan Perwira dan depan Kantor Pos Jalan Perwira tak jauh dari Mess Pemkab Rohil.

Spanduk bertuliskan "# Iko duit zakat ummat,bukan duit tuan # (Ini uang zakat ummat bukan duit kalian) " turut tertera tulisan Badan Eksekutif Mahasiswa se Riau (BEM SERI) Daerah Rohil.

Gonjang-ganjing di hentikanya bantuan bea siswa Mahasiswa menurut Ketua Komisioner Baznas Rohil Ustaz H. Baharudin Jumat (7/8/2020) karena Pemda Rohil telah menganggarkan 6 Milyar tiap Tahun untuk bea siswa Mahasiswa.

" Kami bekerja ikut aturan,ikut koridor serta koordinasi dengan Pemkab, sesuai petunjuk,bea siswa dari Baznas di peruntukan membantu pelajar SD,SMP, SMA yang berprestasi,tapi dari keluarga kurang mampu, " Aku Ketua Komisioner H. Baharudin.

H. Baharudin menyebutkan 2019 Baznas menyalurkan bea siswa Mahasiswa, " Betul itu dana ummat tapi sasaranya di salurkan ke masyarakat kurang mampu untuk Modal Usaha, Anak Berprestasi, Rehab Rumah," Ucapnya.

Di hentikanya bantuan bea siswa untuk Mahasiswa ini mengacu arahan Bupati Rohil H.Suyatno (21/7/2020) saat pada sebuah acara di Kantor Baznas Rohil Jalan Pahlawan Bagansiapiapi beberapa waktu lalu.

" Rohil sehat,Rohil cerdas,Rohil peduli,saya ingatkan yang anaknya kuliah saya minta jangan ajukan bea siswa ke Baznas karena  Pemda menyiapkan 6 Milyar   bantuan untuk kuliah, " Tegas H.Suyatno saat itu.

Menurut Suyatno dana  di kelola Baznas 5 Milyar lebih berasal dari zakat ASN  sudah di Perdakan  membantu pelajar SD,SMP dan SMA.

"Ada bantuan bea siswa untuk Mahasiswa 6 M di kelola Bagian Kesra, ajukan ke Pemda saja, " Sebutnya.

Menanggapi spanduk " Menghujat " Baznas ini,Syaiful Tarmizi tokoh penggagas Himappi (Himpunan Mahasiswa Pelajar Bagansiapiapi) 1996 lalu meminta adik-adik Mahasiswa maklum dengan apa yang di lakukan Baznas Rohil.

Syaiful Tarmizi mengatakan Intinya Pemda menyediakan bea siswa 6 Milyar tiap tahunya, "Ini mungkin agar tidak terima bantuan dua kali, dengan demikian ajukan saja ke Pemda, karena Baznas untuk SD,SMP, SMA saja, "Ucapnya.(Suhendra/DB)