KPID Riau Gelar Literasi Media Jelang Pilkada Rohil Bersama Bawaslu dan Jurnalis

Komisioner KPID Riau menyerahkan piagam literasi media kepada Komisioner Bawaslu Rohil

Bagansiapiapi (Surya24.com) - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Riau Lembaga Negara Independen gelar Literasi Media, Rabu (21/10/2020) pagi di Hotel Mahera Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir sesuai protokol kesehatan covid-19.

Kegiatan literasi media di laksanakan KPID Riau bersama Bawaslu Rohil membahas tentang pemberitaan, penyiaran dan iklan kampanye Pilkada serentak 2020 di Rohil demi mewujudkan penyiaran sehat, adil dan berkualitas.

Kegiatan dipimpin Ketua KPID Riau diwakili Komisioner Asril Darma, Widde Munadir Rosa dan Nopri Naldi. Dihadiri Komisioner Bawaslu Rohil Jaka Abdilah, masing-masing LO Calon Bupati dan Wabup Rohil, Rekan-rekan Media liputan Rohil dan undangan lainnya.

Komisioner KPID Provinsi Riau H Asril Darma, S.Si, M.IKom menyebutkan  sesuai UU No 07 Tahun 2017 pasal 296, KPI atau Dewan Pers melakukan pengawasan atas pemberitaan, penyiaran dan iklan kampanye pemilu yang dilakukan oleh lembaga penyiaran atau media cetak.

Pengawasan pemilu disebutkannya ditanda tangani oleh KPI, Bawaslu, KPU dan Dewan Pers. 

"Ada tiga aspek yang menjadi kewenangan KPI yakni pemberitaan kampanye, penyiaran kampanye dan iklan kampanye,"Ucap Komisioner KPID Riau Asril.

Ditegaskan Asril kepada rekan-rekan wartawan liputan Kabupaten Rokan Hilir agar dapat meliput kegiatan - kegiatan baik Bawaslu, KPU maupun kegiatan kampanye calon.

"Untuk peliputan masing - masing Paslon, wartawan atau media harus adil dan memberikan porsi yang sama, jangan ada yang di anak tirikan dan jangan ada yang di anak kandungkan," Tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Komisioner Bawaslu Rohil Jaka Abdilah mengajak masyarakat dan relawan masing-masing calon untuk
Besosial media dengan bijak, jangan ada menimbulkan kegaduhan dan saling menjelekkan.

"Mari ciptakan pilkada yang damai dan bijaklah bersosial media jangan ada postingan yang negatif karena jempol mu adalah harimau mu," Ucap Jaka Abdilah sembari mengingatkan ASN di minta untuk netral, jangan ada yang ikut berkampanye. 

Ditambahkan Jaka, dengan adanya kegiatan ini, dapat membantu rekan media cetak, tv, online maupun radio dan diharapkan kegiatan tersebut dapat terus berlanjut kedepannya. (Suhend)