Tim Koordinasi Pakem Kabupaten Kampar Gelar Rapat Evaluasi

Tim Koordinasi Pakem Kabupaten Kampar mengelar Rapat Evaluasi antar keagamaan.

BANGKINANG KOTA (Surya24.Com) -Tim koordinasi pengawasan aliran kepercayaan dan Aliran Keagamaan Dalam  masyarakat (Pakem) Kabupaten Kampar  menggelar rapat evaluasi.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Kejari Kampar,Jumat (20/11/20), yang dipimpin langsung Kajari Kampar sekaligus Ketua Pakem Kampar, Suhendri.SH.MM  didampingi Wakil Ketua Tim Koordinasi Pakem sekaligus Kasi Intel Kejari Kampar, Silfanus Rotua Simanullang .SH.MH, Sekretaris Pekam Sekaligus Jaksa Pungsinol Rima Eka Putri.

etua Tim Koordinasi Pakem  Kampar, Suhendri.SH.MH mengatakan,
Sesuai dengan surat perintah bulan januari 2020 buat rekan masing-masing di setiap instansi,kegiatan ini untuk tahun 2020 ini yang peratama kita selenggarakan untuk rapat evaluasi atau memantau perkembangan aliran keagamaan di kabupaten Kampar sekaligus untuk merendum tahun 2021, ungkapnya.

Menurutnya, pada awal bulan juni tahun 2020  ada kita temukan beberapa persoalan yang terkait  permasalahan yang awal kali kita temukan itu masalah pembuatan rumah ibadah,sempat adanya  menimbulkan permasalahan atau konflik di masyarakat yang berlainan agama.

Dalam rapat  evaluasi bersama kita sepakat bahwa dalam hal pengurusan rumah ibadah setiap masyarakat setiap umat beragama wajib mengikuti syarat dan ketentuan dalam pembangunan rumah ibadah.kata Ketua koordinasi tim Pakem Suhendri,Ia Juga menambahkan.

Dengan demikian tidak ada lagi kecemburuan bagi agama-agama lain ketika akan mengurus rumah ibadah,jadi mereka tidak lagi  bisa berasumsi bahwa agama apa agama yang bisa membangun.

Kedua adanya  persoalan  atau kendala masalah sosialisasi kerukunan beragama kepada masyarakat diwilayah Kampar oleh  rekan-rekan tim dikarenakan adanya wabah Covid-19.

Termasuk juga dengan  anggaran rumah tangga mereka habis untuk kegiatan Covud-19 sehingga sosialisasi penyebaran kerukunan agama tidak berjalan dengan baik.Papar Suhendri.

Disambung Suhendri,karena itu kita akan  coba balik  berkumpul langsung dengan lembaga lembaga dakwah lainnya yang ada di Kampar baik itu di pemerintahan atau non pemerintahan agar mereka bisa bergerak bersama agar bisa bersosialisasi melalui rumah ibadah yang ada.tutup Suhendri ketua Koordinator Tim Pakem Kampar.

Rapat tersebut dihadiri oleh beberapa unsur yakni dari Kakan Kemenag Kampar, Alfian, Ketua forum kerukunan umat beragama (FKUB) Zulhermis, perwakilan dari Dinas pendidikan, Kapemudaan dan Olahraga Kabupaten Kampar Admiral bersam Taufiq, Perwakilan dari Kodim 0313 KPR Alfazi, perwakilan dari Polres Kampar Rahmat, perwakilan dari Kesbagpol Kabupaten Kampar, serta sejumlah tokoh masyarakat.(hasbi)