Kapolres Rohil Bacakan Teks Amanat Kapolda Riau

BAGANSIAPIAPI (Surya24.com) - Kapolres Rokan Hilir (Rohil) AKBP Andrian Pramudianto SH SIK bertindak sebagai Inspektur upacara peringatan Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-77 Tahun 2023. Upacara dipusatkan di Taman Budaya Batu Enam, Bagansiapiapi, Sabtu (1/7/2023), hari ini. 

HUT Bhayangkara ke-77 kali ini dengan Tema "Polri Presisi Untuk Negeri, Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju" turut dihadiri Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP,Wakil Bupati H Sulaiman SS MH, Dandim 0321 Rohil Letkol Kav Nugaraha Yudha Perwiranegara S.IP, Sekda Rohil H Fauzi Efrizal, Kajari Rohil diwakili Kasi Barang Bukti, Abu Abdurachman SH, Forkopimda, Barisan TNI, Brimob, Personil Poles Rohil, Ormas, OKP dan undangan lainnya. 

Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto  membacakan teks amanat Kapolda Riau Irjend Polisi Mohammad Iqbal SIK, MH. 

Dalam amanat Kapolda Riau menyampaikan ucapan selamat memperingati HUT Bhayangkara ke-77 dan terima kasih atas pengabdian seluruh jajaran Polda Riau dalam melayani masyarakat. 

" Meskipun dihadapkan berbagai keterbatasan tetap menunjukkan dedikasi, loyalitas, integritas tinggi mewujudkan  Kamtibmas kondusif dalam mendukung pembangunan Nasional, " katanya. 

Kapolda menyebutkan berbagai pengalaman sejarah selama perjalanan 77 tahun Polri telah mematangkan karakter pengabdian menjadikan Polri lebih cerdas dan tegar dalam mengemban tugas memelihara keamanan dalam Negeri. 

" Kita bersyukur, prestasi dan pencapaian kinerja Polri telah mendapat apresiasi dari Pemerintah, masyarakat. Beberapa kasus menonjol dan meresahkan berhasil diungkap, Narkoba, illegal mining, illegal fishing, perdagangan manusia dan  premanisme," tulis teks Kapolda Riau ini. 

Berdasarkan survei LSI politik Indonesia lanjut Kapolres, menyebutkan bahwa saat ini tingkat kepercayaan publik terhadap Institusi Polri mengalami peningkatan 73,2 persen pada Bulan Mei Tahun 2023, dimana sebelumnya menyentuh angka 62,6 persen di bulan September tahun 2022. 

" Pada aspek pembinaan masih ditemukan adanya oknum anggota Polri yang melakukan pelanggaran disiplin, kode etik, pidana, sehingga menciderai nama baik dan menurunkan citra institusi," baca Kapolres Rohil AKBP Adrian Pramudianto. 

" Meski demikian perlu di pahami  kesuksesan dan capaian Polri melaksanakan tugas tidak terlepas dari bantuan elemen masyarakat serta instansi terkait. Oleh karena itu, Kapolda menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh elemen masyarakat dan instansi terkait. 

Terkait persiapan Polri dalam menghadapi agenda Nasional Pemilu serentak Tahun 2024, dimana telah memasuki beberapa tahapan dalam pelaksanaannya. 

" Sehubungan dengan hal tersebut, perkembangannya dinamika politik diprediksi akan semakin meningkat sarat dengan kepentingan, " ucapnya. 

" Seluruh anggota Polri khususnya Polda Riau tetap berpegang teguh berpedoman pada prinsip netralitas dalam penyelenggaraan Pemilu harus mampu menentukan langkah-langkah proaktif sehingga potensi konflik yang ada dapat dikelola dan diantisipasi sedini mungkin, " sebutnya. 

Kapolres Rohil, Adrian Pramudianto membacakan pesan Kapolda Riau diantaranya, agar seluruh Personel senantiasa meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, menanamkan terus kesadaran diri bahwa profesi kepolisian yang dipilih merupakan wujud pengabdian yang mulia kepada masyarakat, bangsa dan Negara. 

Kapolda meminta agar seluruh jajaran menginventalisir permasalahan di lapangan dalam penanganan konflik sosial, meningkatkan kesiapsiagaan operasional untuk mengantisipasi eskalasi perkembangan situasi yang meningkat secara cepat, agar kehadiran aparat kepolisian tidak terkesan mendadak dalam menangani konflik komunal maupun tindakan anarkis lainnya. 

Kemudian meningkatkan kerjasama, koordinasi, dan komunikasi yang efektif antar penegak hukum, pengemban fungsi kepolisian dan segenap pemangku kepentingan sebagai implementasi dari pendekatan sinergi Polisional guna mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif dalam rangka mensukseskan Pemilu 2024. 

"Kepada segenap unsur pimpinan Polri di semua level, saya instruksikan untuk lebih memberikan keteladanan dan mempererat solidaritas baik internal Polri maupun dengan TNI guna memastikan pelaksanaan tugas yang lebih efektif dan berkualitas, " harapnya. 

Usai menggelar upacara, kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan berbagi atraksi lainnya baik dari Kodim 0321 Rohil bersama Polres Rohil dan lainnya.(Hy)