20 Ormas Inhil Deklarasi Tolak Radikalisme Memecah Belah NKRI

INHIL (Surya24.com)  - Sebanyak 20 organisasi kemasyarakatan (Ormas) di Indragiri Hilir gelar deklarasi menolak tindakan radikalisme memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Deklarasi tersebut digelar di Bundaran Jalan M Boya Tembilahan, Kamis 26 November 2020 sekira pukul 09.45 Wib. Jumlah massa kurang lebih 50 orang, tergabung dalam Forum Deklarasi NKRI.

Pantaun lapangan, massa aksi sepakat menolak segala perpecahan yang dapat memecah belah umat dan Negara dikarenakan Indonesia merupakan bhineka tunggal ika dan berasal dari berbagai suku budaya dan Agama.

"Bahwa saat ini Indonesia mengalami kemunduran akhlak dan saling curiga mancurigai. Untuk itu apa yang dilakukan hari ini adalah untuk mempererat Kesatuan dan Persatuan Bangsa demi Keutuhan NKRI," sebut Alex saat berorasi, Kamis (26/11).

Dikatakan Alex, Forum Deklarasi sepak melawan segala bentuk tindakan provokator dan narasi yang provokatif memancing umat melakukan tindakan anarkis dan saling menjatuhkan.

"Tujuan kita menciptakan bangsa yang aman dan damai," sebutnya.

Massa aksi mengaku aksi deklarasi tersebut digelar atas dasar keterpanggilan untuk menjaga ketertiban dan keamanan yang mengancam NKRI. Menjadikan Inhil sebagai miniatur Indonesia dengan prinsip berbeda beda tapi tetap satu jua (bhinneka tunggal ika).

Terakhir massa aksi mengatakan deklarasi ini merupakan mendukung TNI-Polri dalam menjaga keutuhan umat yang menjadi garda terdepan untuk menjaga persatuan dan kesatuan NKRI.

Aksi massa tersebut diakhiri dengan penandatanganan deklarasi damai oleh elemen-element masyarakat dan ormas serta perwakilan Mahasiswa.

Untuk diketahui, deklarasi tersebut dihadiri Kapolres Inhil, AKPB Dian Setyawan dan Dandim 0314/Inhil, Letkol Imir Faishal.

Adapun massa aksi yang tergabung di Forum Deklarasi tersebut yakni AMMI (Anak Muda Milenial Indonesia) Inhil,  PAO Inhil, GP Ansor Inhil, PSMTI Inhil, APKL (Asosiasi Pedagang Kaki Lima) Tembilahan, PBB (Persatuan Batak Bersatu) Inhil, IKJR (Ikatan Keluargala Jawa Riau) Inhil, FPK (Forum Pembangunan Kesatuan) Inhil, Projo Inhil.

Juga dari HMI (Himpunan Mahasiswa Indonesia) Cab. Tembilahan, GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia) Inhil, PC. NU (Nahdatul Ulama) Inhil, KKSS Inhil, BEM Unisi Tembilahan, IPJI (Ikatan Pemuda Jawa Inhil), IKBR Inhil, HKBS (Himpunan Keluarga Besar Sriwijaya) Inhil, Mitra Sunda Kab. Inhil, Ikatan Suku Duano Kab. Inhil, Banser Inhil.(grc/mul)


Tulis Komentar