Pilkada Telah Usai, Jurnalis H Yan Faisal: Ayo Bersatu Membangun Rokan Hilir Lebih Maju

Bagansiapiapi (Surya24.com) - Apapun hasil sidang pleno penetapan pemenang Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hilir adalah takdir dan suratan dari Yang Maha Kuasa.

Sebagai masyarakat dan auden di harapkan dapat menerima hasil Pilkada dan menjaga persatuan dan kesatuan serta kembali bersatu membangun Rohil yang lebih maju kedepanya.

Minggu (13/12/2020) demikian hal ini di ungkapkan H Yan Faisal  seorang jurnalis dan penggagas berdirinya Organisasi Profesi PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) di Kabupaten Rokan Hilir tahun 1999 pasca pemekaran  20 Tahun silam.

"Bagi saya dalam kontek profesional  menjalankan profesi mengedepankan independen, kalau ada media atau jurnalis ikut meramaikan berita Pilkada, itu wajar dalam bisnis media karena jurnalis itu pilar ke empat  Demokrasi, " Ujar H Yan Faisal Jurnalis media cetak, elektronik dan televisi ini saat dikonfirmasi Surya24.com.

Posisi media massa disebutkan H Yan Faisal, jurnalis sangat di butuhkan kontestan atau pasangan yang bertarung merebut posisi Bupati dan Wakil Bupati.

" Nah, ada ikut si A  kesana, ada ikut si B kemari, ada yang netral tak tertarik ikut tim sukses, di tengah-tengah, itu dinamika, itu konsensus individu, mari hargai profesi ini " Pinta anak ke enam dari seorang personil Polri kelahiran Bagansiapiapi 51 Tahun lalu ini.

Untuk itu dikatakannya ibarat berlayar sudah sampai ke tepian, ibarat pesta sudah usai maka cerita Pilkada menjadi kenangan bagi yang mengikuti politik praktis.

"Kepada yang terpilih selamat atas peraihan suara terbanyak atas amanah masyarakat Rohil bagi yang kalah anggap saja kesempatan yang tertunda, tapi berikan kontribusi buah pikiran kepada pemenang titipkan program kampanye mereka, " Ajak mantan wartawan Harian Waspada Group dan Riau Pos Group ini.

Menurutnya ke depan tugas semakin banyak akan di emban Bupati dan Wakil Bupati yang terpilih setelah di lantik Juni 2021 mendatang.

" Alhamdulilah Pilkada Rohil berjalan sukses, ini menurut kaca mata jurnalis berkat kerja keras semua elemen masyarakat,lembaga terkait,TNI,Polri dan kita semua, " Ucap Penulis buku Enam Cerita Rakyat Rohil Tahun 2010 ini.

Kepada rekan-rekan jurnalis atau wartawan sukses atas kerjanya yang sudah menyajikan berita yang berimbang.

"Sukses untuk rekan-rekan yang mungkin ada di Tim Paslon baik Camar, Sudin, Ahad maupun di Tim Aman karena itulah menandakan anda memiliki kontribusi di mata Paslon, ini tentu ada plus minusnya," Ujar Ketua Pertama PWI Perwakilan Rohil ini.

H.Yan Faisal berharap kepada Bupati dan Wakil Bupati Rohil yang terpilih nantinya kiranya menjalin kemitraan dengan Jurnalis (Wartawan) dan media baik cetak, online maupun elektronik seperti televisi.

" Kalau program mensejahterakan masyarakat di dalam masyarakat itu ada warga profesinya jurnalis ya mohon dan tolong ikut di sejahterakan pula," Harap
Ketua Pengurus Keluarga Besar Putra Putri Polri Resort Rokan Hilir ini.

"Jurnalis itu corong pembangunan,jadi Pak Bupati dan Wakil Bupati boleh langsung mengundang untuk konferensi pers, coffe morning dan membawa berdiskusi, wah saya yakin menjadi penyambung lidah rakyat dan mitra yang baik, " Ucap jurnalis yang sudah bertugas 30 tahun ini menyikapinya.

"Ayo kita saling memberikan support dan mari sayangi pemimpin kita,sayangi kampung halaman, berikan yang terbaik untuk daerah ini, kita dukung program pemerintah selanjutnya dalam membangun negeri ini," Harap pria yang akrab di sapa Pak Haji ini. (Suhend)