Dinas Koperasi dan UKM Dumai Adakan Pelatihan Sekaligus Serahkan Sertifikat Halal bagi UMKM

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Dumai, Sepranef Syamsir (lima dari kiri, pakai baju putih) dan peserta UMKM yang mendapat sertifikat Halal

DUMAI (Surya24.com) - Dinas Koperasi dan UKM Kota Dumai laksanakan pelatihan terhadap peserta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sekaligus penyerahan sertifikat halal secara simbolis, Rabu (16/12/2020). Pelatihan dan penyerahan sertifkat halal tersebut diadakan di kantor Dinas Koperasi dan UKM jalan Soebrantas, Dumai Timur.

Dedi selaku narasumber untuk pelatihan di datangkan dari Pekanbaru yang telah malang melintang bergerak dan sukses di bidang UMKM.

" Kita ingin berbagi ilmu untuk pelaku UMKM. Terkait merek dan kemasan juga menjadi hal yang sangat penting, "ujar Dedi selaku narasumber.

Dedi menghimbau agar pelaku UMKM Kota Dumai memperindah tampilan kemasan dan merek serta tidak kalah pentingnya lagi menjaga kualitas dan rasa, ketahanan produk juga sangat penting. " Agar kelak kita semua pelaku UMKM khususnya kota Dumai bisa bersaing di seluruh Indonesia hingga ke  mancanegara, " katanya.

Acara tersebut langsung dipimpin oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Sepranef Syamsir, AP, M.Si. " Untuk masyarakat yang belum memiliki izin seperti kepengurusan OSS pendaftaran UMKM, SPPIRT, BPOM dan Sertifkat Halal, Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM memudahkan masyarakat kota Dumai dalam kepengurusan tersebut melalui PPL dan bidang UMKM, "ujar Sepranef.

Kepala Dinas menambahkan untuk anggaran 2020 bantuan kepengurusan kepada pelaku UMKM Kota Dumai sebanyak 135 UMKM. Untuk bantuan kepengurusan BPOM yang telah selesai 24 peserta.

Bantuan kepengurusan sertifikat halal 37 pelaku UMKM Dumai di serahkan pada pelaku UMKM. Kadis menambahkan agar kelak produk-produk UMKM mendapatkan tempat seperti di mall-mall dan mini market yang ada di kota Dumai.

" Mudah-mudahan kerjasama yang di upayakan dinas terkait untuk memperjuangkan pelaku UMKM di mudahkan oleh Allah SWT, "sebut Sepranef. (mon/wati)