Pelantikan 9 Penghulu Terpilih di Rohil Hari Ini Dilakukan

BAGANSIAPIAPI (Surya24.com) - Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan pejabat penghulu terpilih pada pemilihan penghulu serentak tahap lll Kabupaten Rokan Hilir, Kamis (21/1/2021) dilaksanakan di Gedung H Misran Rais Bagansiapiapi.

Pelantikan 9 penghulu terpilih dipimpin Wakil Bupati Kabupaten Rokan Hilir Jamiluddin dihadiri Forkopimda, Pimpinan Tinggi Pratama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), para Camat dan Penghulu terpilih.

"Kami percaya kepada saudara-saudara yang dilantik dapat menjalankan tugas dengan sebaik baiknya sesuai tugas yang di emban," ucap Wabup saat melantik penghulu terpilih.

Adapun 9 (sembilan) penghulu terpilih yang dilantik adalah Penghulu Teluk Mega, Sekeladi Hilir, Manggala Sakti, Manggala Sempurna, Melayu Tengah, Sukamaju, Sukajadi, Pematang Ibul dan Pulau Halang Belakang. 

Yang ditunda pelantikannya adalah Penghulu Bagan Jawa karena ada yang menggugat ke PTUN, sementara Penghulu Sintong dan Tanjung Leban sedang dalam proses tingkat Panwas kepenghuluan, kecamatan dan kabupaten.
 
"Hari ini adalah tindak lanjut proses pemilihan penghulu yang sudah dilaksanakan sesuai arahan Bupati Rohil, namun dalam pelantikan ini kami hanya melaksanakan 9 kepenghuluan karena ada 3 kepenghuluan yang masuk laporannya ada perselisihan sesuai dengan undang -undang desa bahwa bupati/walikota wajib menyelesaikan perselisihan dalam waktu 30 hari setelah masuk nya surat dari panitia pemilihan desa." ucap Kadis PMD Rohil Yandra.

Ditambahkannya sehingga untuk 3 kepenghuluan yang ditunda tersebut, PMD Rohil tetap mengacu apa yang dituangkan pada undang-undang desa.

"Kami sebagai penyelenggara dalam hal ini sebagai ASN tidak mau terperangkap dalam wilayah kelalaian atau pun pembiaran, sehingga kami menunggu waktu 30 hari," ujarnya. (Suhend/HY)