Pengurus S3 Kota Dumai Masa Bhakti 2020-2025 Resmi Dilantik

DUMAI (Surya24.com) - Ketua dan Pengurus Solok Saiyo Sakato (S3) Kota Dumai secara resmi dilantik oleh Ketua Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) Kota Dumai, Amrizal. Bersamaan dengan pelantikan pengurus S3 tersebut, turut dilantik Pengurus Bundo Kanduang (BK-S3) dan Pengurus Pemuda (P-S3) Kota Dumai Masa Bhakti 2020-2025. Pelantikan dilaksanakan, Sabtu 6 Februari 2021 di gedung Pendopo Sri Bunga Tanjung jalan Putri Tujuh, Kecamatan Dumai Timur. 

Hadir pada saat pelantikan, Sekda Dumai, Ketua IKMR Dumai, Ketua Kerapatan Adat Solok yang juga selaku Bupati Solok, Wakil Walikota Dumai terpilih, Amris, Ketua DPRD Dumai, anggota DPRD Dumai, Hasrizal, dan Timo Kipda.

Selain itu, turut dihadiri pejabat pemerintahan Kabupaten/Kota Solok diantaranya, Kepala Inspektorat, Kepala Dinas Pendidikan, Kadis UMKM, Kepala Kepegawaian, Kabag Umum, Ka.Kantor Kesbangpol, Kadinsos, dan Kepala Protokol Kabupaten Solok.

Ketua S3 Kota Dumai, Ediswan, S.Ag dalam kata sambutannya menyebutkan bahwa warga Solok yang tergabung di S3 Kota Dumai saat ini ada 10 Ikatan Keluarga. " S3 ini dibawah naungan Ikatan Keluarga Minang Riau atau IKMR. Hari ini sekalian juga dilantik Pengurus Bundo Kanduong dan Pemuda S3 Kota Dumai, "terangnya.

Pertemuan ini, kata Ediswan, bukan saja untuk pelantikan S3 tapi untuk menjalin hubungan silaturahmi antara warga minang dan juga beberapa suku lainnya. " Ibarat pepatah mengatakan, dimana bumi dipijak situ langit dijunjung, artinya mari kita mengikuti aturan dimana kita saat ini berada dan mari kita bantu pemerintah kota Dumai dalam menjalankan roda pemerintahan,"ujarnya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) Kota Dumai, Amrizal meyakini pengurus S3 dapat menjalankan organisasi ini dengan baik. " Mudah-mudahan pak Ediswan bisa membawa organisasi dengan baik. Beliau sudah berpangalaman dan terbukti banyak organisasi yang pernah dijabat oleh beliau. Alhamdulillah warga Minang yang ada di Dumai selama ini dapat menjaga hubungan baik dengan suku lainnya sehingga tak ada gejolak apapun yang terjadi. Saat ini ada sekitar 17 suku yang ada di Dumai tapi hubungan kita cukup damai, "katanya.

Bupati Solok Gusmal, SH, MM pada kesempatan itu mengucapkan selamat kepada ketua dan jajaran pengurus S3, Bundo Kanduang dan Pemuda S3 dibawah naungan IKMR Kota Dumai.

" Dengan adanya persatuan seperti ini akan lebih mudah bagi Pemko Dumai untuk menyampaikan pesan. Dengan menghubungi ketua dan pengurus nya sudah bisa tersampaikan ke warga S3. Saya berpesan kepada warga S3, segala ketentuan apaun yang berlaku di kota Dumai harus dipatuhi oleh warga Dumai yang berasal dari Solok,"katanya.

Bupati Solok juga berpesan, jadilah warga Solok yang memberi kontribusi kepada Kota Dumai. Gusmal juga berpesan kepada ketua dan pengurus untuk mencarikan atau membuka peluang kerja bagi warga Solok yang ada di Dumai dan ikut membangun kota Dumai.

Sekda Dumai, Herdi Salioso mengatakan, dimanapun berada, orang minang dapat sukses diberbagai bidang, kuat dan tegar dengan berbagi kondisi. " Kepada pengurus S3 semoga menjadi panutan serta mendukung pembangunan kota Dumai yang maju dan bermartabat, "pungkasnya. (cu)