Plt Digantikan Plt, Ada Apa dengan SK Ka.Kanwil Kemenag Riau

BAGANSIAPIAPI (Surya24.com) - Hingga Jumat (4/6/2021) masyarakat Rohil dan ASN Kemenag Rohil masih saja hangat membahas soal di copotnya Plt Kepala Kemenag Rohil Drs.H.Sakolan Kalil MAg dan di gantikan Drs.H.Naini secara mendadak 19 Mei 2021 lalu.

Bukan saja persoalan pergantian mendadak tetapi lebih dari itu karena dalam acara pembinaan pegawai di Kantor Kemenag Rohil tiba-tiba Kakanwil Kemenag H.Mahyudin menyisipkan acara dadakan tersebut.

Sontak saat itu membuat hening seisi ruangan yang nota nobenya di hadiri orang-orang dengan jargon Ikhlas Beramal melihat prosesi penyerahan SH Plt kepada Drs.H.Naini.

Maka otomatis pupuslah dan gugurlah SK Kakanwil Kemenag Riau Nomor : B-05/Kw.04.2/KP.01.01/2020 tanggal 7 Januari 2020 tentang penunjukan Plt kepada Drs.H.Sakolan Khalil MAg menjabat Kemenag Rohil sampai adanya Kepala Kantor Kemenag Defenitif.

Bukan itu saja SK Kementetian Agama RI melalui Surat Perintah Nomor : B.II/3/000770 tanggal 15 Januato 2020 tentang jabatan Pelaksana Tugas (Plt) yang di emban Drs.H.Sakolan Khalil MAg yang masih menjabat Kasubbag Tata Usaha di Kemenag Rohil yang di tanda tangani Sekjend Kemenag RI Prof.dr.Phil.H.Muhammad Nor Kholis Setiawan MA.

Dimana surat tersebut di tembuskan ke Kemenag RI, Irjend, Kabiro Kepegawaian, Kanwil, Kantor Pelayanan Perbendaharawan Negara. Sakolan Khalil di kenal kader Nahdatul Ulama (NU) dan di copot menjadi Plt dan ini menjadi pertanyaan dari kolega dan warga Rohil karena dalam SK tersebut mestinya jabatan ini di isi dan berakhir ketika ada Kepala Defenitif. "Aneh, main copot, di acara kunker Kanwil ke Rohil di sisipkan acara  ini, " ucap sumber, Jumat (4/6/2021) kepada awak media ini.

Drs.H.Sakolan Khalul MA ketika dimintai komentar enggan bicara tapi membenarkan Plt Kepala Kemenag telah di ganti dengan Plt lain. " Benar adanya, tak menampik ada komentar atas hal ini," aku Kader NU ini.

Ketika jabatan Plt Kepala Kemenag di jabat Drs.H.Sakilan Khalil MA, dia membenahi sarana fisik dan administrasi di kantor Ikhlas Beramal ini. Menurut sumber, seharusnya Kakanwil Kemenag Riau tidak mengganti Plt dengan Plt tapi seyogyanya defenitif dan santun di mata bawahanya. (HY)