Kondisi Jembatan Sungai Mesjid dan Jalan Purnama-Lubuk Gaung Memprihatinkan

DUMAI (Surya24.com) - Jembatan Sungai Mesjid merupakan penghubung satu satunya lewat jalan darat dari Kecamatan Dumai Barat ke Kecamatan Sungai Sembilan saat ini kondisinya sangat memprihatinkan dan perlu segera penanganan dari pemerintah dalam hal ini PU Provinsi Riau. Di permukaan jembatan tampak sudah ada beberapa lobang dan goncangan semakin keras terasa pada saat truk / Tangki yang membawa CPO atau kelapa sawit melewati jembatan tersebut.

Kalau sempat jembatan ini putus maka area Kecamatan Sungai Sembilan menjadi terisolasi lewat jalan darat yang hanya satu satunya akses dan akan berdampak besar khususnya kepada kegiatan industri di kawasan Sungai Sembilan, kegiatan ekonomi dan mobilitas warga. Berpotensi mengganggu kegiatan ekspor apabila pasokan bahan baku terganggu. Saat ini sebagian bahan baku diangkut menggunakan transportasi lewat jalan darat.

Pihak perusahaan sudah beberapa kali melakukan perawatan tetapi saat ini kerusakan semakin parah mengingat jumlah truk yang melewati jembatan semakin banyak dan kemungkinan juga karena faktor usia jembatan tersebut.

Selain kondisi jembatan juga kondisi jalan sepanjang jalan raya Lubuk Gaung sampai ke Purnama sudah banyak yang rusak di berbagai titik yang membuat ketidaknyamanan dan berpotensi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Salah seorang warga Lubuk Gaung, Zahri mengatakan meskipun jalan ini tanggungjawab pemerintah tapi sejumlah perusahaan di wilayah Lubuk Gaung telah sering melakukan perawatan jalan tersebut.

Diantara perusahaan yang ada di wilayah ini yang telah memberi perhatian terhadap kondisi jalan ini diantaranya PT SDS dan sejumlah perusahaan lainnya yang ada di areal Lubuk Gaung.

" Kita berharap kepada pemerintah agar memberikan perhatian terhadap jembatan Sungai Mesjid dan jalan yang sangat memprihatinkan mulai dari Kecamatan Dumai Barat hingga Kecamatan Sungai Sembilan. Beberapa perusahaan yang ada di wilayah operasional Lubuk Gaung selama ini telah ikut berpartisipasi untuk melakukan perawatan terhadap jembatan maupun jalan disana,"terang Zahri.(cu)


Tulis Komentar