Rampungkan Vaksinasi Massal Dosis ke-2, JMSI Sumsel dan Paguyuban Sinar Mas Bagikan APD dan Masker

PALEMBANG (Surya24.com) - Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Sumatera Selatan (Sumsel) bekerjasama dengan Paguyuban Sinar Mas serta Keluarga Rimbawan merampungkan vaksinasi massal dosis ke-2 terhadap 1000 peserta, bertempat di Gedung Al Hijrah Jalan Sukabangun 1 Kecamatan Sukarame Palembang, Selasa (28/9/2021).

Vaksinasi massal tahap II ini sebagai kelanjutan dari vaksinasi tahap I yang digelar sebelumnya pada 31 Agustus lalu. Dalam kesempatan tersebut, JMSI Sumsel dan mitra juga membagikan Alat Pelindung Diri (APD) dan masker kepada perwakilan Puskesmas sebagai vaksinator vaksin.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Ratu Dewa yang hadir dalam vaksinasi tersebut mengapresiasi pelaksanaan vaksin tahap ke-2 yang digelar Paguyuban Sinar Mas bekerjasama dengan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Sumsel serta Keluarga Rimbawan.

Menurutnya, program seperti ini adalah program gotong royong yang melibatkan semua pihak mulai dari masyarakat umum, kalangan swasta hingga jurnalis. Karena itu program ini sejalan dengan program Pemkot Palembang melalui Dinkes Kota Palembang untuk membantu percepatan vaksin. "Saya menghimbau kepada pihak swasta lainnya untuk menggalakkan donasi seperti ini," harap Dewa.

Diakuinya, untuk vaksin tahap 1 berdasarkan data dari Dinkes Kota Palembang di angka 46 persen. Sedangkan vaksin tahap ke-2 di angka 22,6 persen. Dari data tersebut terjadi selisih angka setengahnya untuk tahap ke-2. Karena itu dengan adanya vaksin massal yang diadakan pihak swasta cukup membantu peningkatan persentase angka vaksin.

Ia juga menghimbau masyarakat untuk ikut vaksin, karena vaksin adalah salah satu cara untuk mengurangi jumlah yang terkonfirmasi positif covid-19. Meskipun sudah melandai dan berada di level 2, namun masyarakat di himbau untuk tetap disiplin menerapkan prokes. "Sekali lagi saya menghimbau masyarakat untuk vaksin karena vaksin itu sehat dan aman," tegasnya.

Sementara itu, Ketua JMSI Sumsel Agus Harizal mengatakan, program 1000 vaksin ini terlaksana atas kerjasama dengan berbagai pihak, seperti Paguyuban Sinar Mas, Keluarga Rimbawan dan Pemkot Palembang, dalam hal ini Dinas Kesehatan Kota Palembang.

Menurut Pimpinan Redaksi Harian Umum Suara Nusantara ini, program 1000 vaksin ini juga merupakan bentuk dukungan pihaknya terhadap program Pemerintah Kota Palembang yang sedang gencar-gencarnya menyerukan vaksinasi bagi masyarakat.

"Terima kasih kami ucapkan atas kerjasama dan dukungan penuh dari Pemerintah Kota Palembang, sehingga vaksinasi ini berjalan dengan sukses. Semoga vaksinasi massal ini dapat mempercepat program vaksinasi bagi masyarakat, khususnya bagi warga Kota Palembang," ujarnya.
 
Sedangkan Ketua Paguyuban Sinar Mas, Iwas Setiawan mengungkapkan, vaksin tahap ke-2 dilaksanakan secara tertib dan lancar. Dengan tetap mengedepankan prokes. Dalam pelaksanaanya dibagi secara bertahap seperti untuk kedatangan peserta diatur perjam sehingga tidak terjadi penumpukan dan antrean panjang.

"Kita atur sedemikian rupa, sehingga peserta tidak perlu menunggu lama saat divaksin. Untuk target sama seperti tahap ke-1 yaitu 1000 peserta. Bila ada masyarakat umum yang ingin vaksin juga dipersilahkan setelah peserta yang terdaftar sudah divaksin semua," jelasnya.
 
Ditambahkannya, bagi peserta yang sudah vaksin mendapatkan cinderamata berupa 5 buah bibit pohon. Mulai dari pohon salam, pohon jambu, pohon sirsak hingga pohon pelindung, ketapang mini. Selain itu bagi puskesmas-puskesmas diserahkan juga bantuan APD dan masker.

Vaksinasi massal dosis ke-2 ini melibatkan tujuh Puskesmas yang bertindak sebagai vaksinator yakni Puskesmas Ariodillah, Sosial, Sekip, Alang-alang Lebar, Sukarame, Sei Selayur dan Kemuning.*