Usulan Pemekaran Panipahan Darat Diserahkan Ketua Panitia ke Wabup Rohil

BAGANSIAPIAPI (Surya24.com) - H. Abdurahman Yus Ketua Panitia Pemekaran Kepenghuluan Panipahan Darat Kecamatan Pasir Limau Kapas Rohil, Rabu (9/2/2022) menyerahkan berkas  usulan pemekaran kepada Wakil Bupati Rohil H.Sulaiman SS.MH.

Proposal usulan pemekaran melalui Panitia Pemekaran Kepenghuluan Panipahan Darat setelah melalui beberapa tahap. Wakil Bupati Rohil H.Sulaiman SS.MH menyambut hangat H.Abdurahman Yus di ruang kerjanya.

" Atas nama Ketua Panitia dan masyarakat menyampaikan berkas administrasi usulan pemekaran Kepenghuluan Panipahan Darat," Usulan pemekaran oleh panitia dan mengambil nama Kepenghuluan Tanjung Rukam, hal ini untuk menselaraskan pembangunan dan memajukan desa kami, " ucap H.Abfurahman Yus.

Wakil Bupati Rohil H.Sulaiman SS.MH menyebutkan berkas usulan dan pengajuan berkas akan di sampaikan kepada Bupati Rohil, Afrizal Sintong. " Usulan pemekaran boleh saja, aspirasi masyarakat ini wajar untuk pembangunan. Saya akan sampaikan juga saran pendapat kepada Bupati. Tentu ada kajian, persyaratan administrasi dan tahap lainnya, " ujar H.Sulaiman SS.MH.

H.Abdurahmsn Yud Spdi menyebutkan usulan sudah sejak lama, mekanismenya melalui Panitia Pemekaran. " Panipahan Darat ini luas, KK dan penduduknya ramai, maka timbul aspirasi perlu ada pemekaran desa ini, " sebut H.Abdurahman Yus.

Secara administrasi jika pemekaran menjadi desa muda maka daerah dengan nama Tanjung Rukam ini terdiri dari 11 Dusun, 19 RW dan 39 RT dengan 1.373 KK dan 5.094 jiwa penduduknya. " Niat pemekaran ini terus bergulir dan dimulai 24 Juli 2021, 18 Agustus 2021, 16 Oktober 2021 dan 6 November 2021 kemaren, " kata Ketua Panitia Pemekaran Kepenghuluan ini.

" Dalam Panitia ini ada Sahanif, Ketua BP.Kep, Sekretaris Kepenghuluan, Junaidi dan Penghulu Panipahan Darat Syofyar serta tokoh masyarakat lainya, " terang Pemilik Yauadan Islahiyah Panipahan ini.

Sebelumnya H.Abdurahman Yis SPdi sudah pula menyerahkan berkas usulan pemekaran tersebut ke Bagian Tata Pemerintahan Setdakab Rohil yang diterima Kabag Tapem Nurmansyah. (HY)