Apical Dumai Laksanakan Perawatan Jalan Dan Penanaman Pohon Kelengkeng

DUMAI (Surya24.com) - Lubuk Gaung 15 Maret 2022 tepatnya di RT 005 melaksanakan perawatan jalan sepanjang 950 meter di Jalan Sukajadi, jalan ini merupakan akses utama bagi 201 KK dari area pemukiman dan perkebunan menuju jalan raya Lubuk Gaung. 

Ketua RT 005 Rusli didampingi oleh ketua BPPD RT 005 (Badan Pengelola dan Pemanfaatan Dana CSR) Saipul bersama dengan staff  kehumasan Apical Dumai, Zulfahmi melakukan pengawasan pelaksanaan pekerjaan tersebut mulai dari tanggal 04 Februari sampai dengan 15 Maret 2022.

Ada 82 dump truck tanah kuning didatangkan untuk meratakan permukaan jalan. Warga setempat terlibat dalam kegiatan ini yang dilaksanakan dengan sistem gotong royong. 

Total biaya untuk perawatan jalan  ini sekitar Rp. 32.000.000 (tiga puluh dua juta rupiah). Dana tersebut bersumber dari dana CSR Apical yang dikelola langsung oleh perangkat RT. 

"Dengan selesainya perbaikan jalan ini, kondisi jalan semakin baik terutama pada saat musim hujan ujar," ketua RT 005.

Di RT 06 juga dilakukan penanaman 29 batang pohon kelengkeng bekerja sama dengan Kelompok Wanita Tani Tunas Harapan yang diketuai oleh Lina. 

Kelompok tani ini beranggotakan 23 orang, sejauh ini dalam kegitannya sudah berhasil menjalankan program ternak kambing bergulir bekerja sama dengan Apical, saat ini sudah mencapai 85 ekor dengan 14 orang penerima manfaat.

Penanaman pohon kelengkeng ini diintegrasikan dengan peternakan kambing dimana kotoran kambing yang sudah difermentasi dijadikan sebagai pupuk.

Kamero Bangun menyampaikan harapannya semoga program CSR dari Apical ini berkelanjutan, saat ini sedang dipelajari bagaimana memanfaatkan susu kambing dari kambing yang sudah dipelihara. Pada akhirnya semua kegiatan ini dapat berkembang terus dan membantu peningkatan ekonomi warga. Dan yang tidak kalah pentingnya hubungan warga dan Apical semakin harmonis. 

Secara terpisah Farianto warga RT 005 dan ibu Lastri anggota Kelompok Tani Tunas Harapan menyampaikan ucapan terima  kasih dan apresiasi kepada Apical atas program CSR yang sudah dilaksanakan dan semoga semakin berkembang. **