Dulu Ditangani Dinas Sosial Rohil, Kini ODGJ Ini Terlantar Di Sintong

ROHIL (Surya24.com) - Kasihan serta miris melihat Khairul (56) seorang ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) warga Bagansiapiapi yang pernah di tangani Dinas Sosial Rohil Tahun 2019 lalu kini hilir-mudik di Kepenghuluan Sintong Kecamatan Tanah Putih Rohil.

Cukup lama tak kelihatan di Kota Bagansiapiapi tiba-tiba Minggu (8/5/2022) Jam 15.00 WIB  kemaren sosok ini viral di media sosial ketika di posting video oleh Guntur Pratama (36) netizen warga Bagansiapiapi.

Postingan video warga mudik berlebaran ke Sintong ini dalam waktu singkat di tonton 1.216 kali oleh warga dengan 61 kali komentarnya. " Saya kaget Wak Khairul terlihat di Sintong, saya sapa menyahut, kondisinya memprihatinkan, " ucap Guntur Pratama, Selasa (10/5/2022).

" Saya videokan dan diposting, komentar terbanyak dari warga Bagansiapiapi menanyakan kondisi Wak Khairul, sebab lama menghilang dari Bagansiapiapi, " aku Guntur.

Singkat cerita masyarakat Bagansiapiapi membincangkan nasib Khairul karena sebelumnya di rujuk ke RSJ Tampan Pekanbaru oleh Dinas Sosial Rohil.

Khairul pernah tinggal di Pelanta Sundung Bagan Hulu ini jadi perbincangan warga sejak Minggu (8/5/2022) terlihat berjalan kaki membawa goni baju kaos dan celana pendek kumal di Sintong Kampung Halaman Bupati Rohil Afrizal Sintong.

Awak media ini Selasa (10/5/2022)  menghubungi dr.H.HM Junaidi Saleh Kadis Sosial Rohil untuk konfirmasi berita. Sebab Khairul sempat ditangani Dinas Sosial Rohil.

Melalui pesan watshap, Selasa (10/5/2022) dr.HM.Junaidi Saleh menjawab sosok Khairul (56) menurutnya pernah dirujuk Dinas Sosial dirawat di RSJ Tampan Pekanbaru.

" Setelah sehat kami serahkan ke keluarganya, tetap makan obat, kalau saat ini perlu perawatan kembali, dilengkapi surat dari Puskesmas dan Surat Keterangan dari Kelurahan dan Camat untuk dirujuk kembali ke RSJ, " kata HM.Junaidi Saleh.

Kepala Dinas Sosial Rohil ini mengaku Khairul dulunya telah diserahkan kepada AL adiknya di Jalan Danau Toba Bagansiapiapi. " Tahun 2019 Dinsos merujuk Eks ODGJ atas nama Khairul alias Wak Kelor ke RSJ Tampan Pekanbaru, " aku Kadis Sosial Rohil ini namun tidak menyebutkan keluarga ODGJ tersebut.

Junaidi Saleh mengaku setelah Khairul dinyatakan sehat oleh RSJ Tampan, Dinas Sosial Rohil menjemput dan mengembalikan ke AL keluarganya di jalan H. Jahya.

Kepala Dinas Sosial Rohil ini membenarkan Tahun 2020 Dinsos menerima laporan dari Sedinginan tentang ODGJ tersebut sehingga Team Rehsos menemuinya.

Junaidi menambahkan keluarga Khairul tidak merespon, akhirnya team Rehsos 11 Maret 2020 survey ke lapangan menemukan Khairul di Teluk Mego Tanah Putih.

" Oleh seorang warga menerimanya dan memberi makan, hitung-hitung sedekah," tulis watshap Kadis Sosial Rohil ini menjawab konfirmasi wartawan media ini.

Kini hidup Khairul kembali terlunta-lunta di Jalan  Sintong nota benenya Kampung halaman Bupati Rohil. Warga setempat mendesak Dinas Sosial Rohil turun tangan untuk memungut dan merujuknya kembali ke RSJ Tampan Pekanbaru.

" Viral di Medsos, diangkat media barulah Dinsos Rohil kelabakan, selama ini tutup mata, " ucap Hasbi warga Bagansiapiapi. Berbagai sumber menyebutkan Khairul merupakan warga Bagan Hulu dulunya mantan TKI dari Malaysia dipulangkan akibat mengidap gangguan jiwa Tahun 1990 lalu. (Yan)