Sekda Sampaikan Ekspos SAKIP dan RB Kabupaten Bengkalis

BENGKALIS (Surya24.com) - Dihadapan Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan Dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur Dan Pengawasan I, Akhmad Hasmy, Bupati Bengkalis diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis H Bustami HY sampaikan Ekspos SAKIP dan RB Kabupaten Bengkalis Tahun 2022, Kamis (14/7/2022), di Ruang Bone Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (KEMENPAN-RB).

Sebelum melakukan ekspose, Sekda Bustami terlebih dahulu memperkenalkan Tim Penyusun SAKIP Kabupaten Bengkalis kepada Asisten Deputi.

Dalam eksposenya Sekda Bustami menyampaikan hasil evaluasi Reformasi Birokrasi dari KEMENPAN-RB Tahun 2021. Pada pelaksanaan Penyampaian Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) pada Tahun 2021 merupakan pelaksanaan pertama untuk Kabupaten Bengkalis dengan predikat C dengan nilai 48,62. Namun pada tahun kedua pelaksanaan sudah melakukan upaya pemenuhan reform dengan hasil sementara 76,84.

"Ini bukti keseriusan kami, terhadap perkembangan SAKIP di Kabupaten Bengkalis, kami mengharapkan perbaikan-perbaikan yang kami lakukan bisa memacu penerapan Reformasi Birokrasi," ujar Bustami.

Dari pelaksanaan Reformasi Birokrasi kami telah melakukan perbaikan-perbaikan. Diantaranya, agen perubahan yang ditunjuk sudah memberikan perubahan dan inovasi kepada Perangkat Daerah (PD) seperti Jebol Master, CCTV dan Roro Bengkalis, kemudian roadmap juga telah disusun dan memuat rencana aksi pembangunan Reformasi Birokrasi.

Tidak hanya itu lanjut Bustami, peta proses bisnis sedang dalam tahap penyusunan, penerapan E-PERDA sejak 2021 sudah dijalankan menghasilkan 3 Perda dan 4 Perbup Perencanaan Pengembangan Kompetensi (HCDP) sedang disusun oleh instansi terkait untuk pengembangan karier ASN.

Selain itu, perbaikan sarana dan prasarana pelayanan pada publik diluar OPD pelayanan langsung juga mendapat respon baik bagi masyarakat seperti di BAPENDA, Disdik dan PU.

"Dari inovasi yang telah kami lakukan saat ini benar-benar dirasakan manfaatnya bagi masyarakat salah satu inovasi agent of change adalah jemput bola secara massif dan terintegrasi (Jebol master) dalam pelayanan administrasi kependudukan telah memberikan dampak cukup besar," ujar Bustami.

Kemudian Bustami menambahkan, memang benar setiap tahun nilai SAKIP Kabupaten Bengkalis mengalami kenaikan dari Tahun 2019 dengan nilai RB 65,79 prediket B, Tahun 2020 Nilai RB 66,26 prediket B dan Tahun 2021 nilai RB 67,12 prediket B.

"Di tengah upaya perbaikan itu semua, tidak pula kita menutup mata bahwa masih perlu dilakukan berbagai perbaikan dan peningkatan. Kita masih perlu meningkatkan kompetensi dan kualitas para Aparatur Sipil Negara sebagai tulang punggung birokrasi," jelasnya

Disisi lain katanya, aspek pelayanan yang berkualitas dibarengi dengan penataan kinerja pegawai merupakan bagian yang penting dalam pengukuran kinerja dan mewujudkan Bengkalis Bermasa.

Kemudian Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur Dan Pengawasan I, Akhmad Hasmy menyambut baik atas kedatangan Sekretaris Daerah beserta tim penyusun SAKIP Kabupaten Bengkalis, semoga upaya yang dilakukan ini akan memberikan hasil yang diharapkan.

Namun dalam paparan yang disampaikan ada beberapa catatan yang harus di perbaiki lagi diantaranya masih banyak dokumen perencanaan yang belum di review karena perubahan RPJMD di Tahun 2021.

Pelaporan kinerja diakui kurang ada analisis untuk menentukan target yang baik untuk tahun selanjutnya. Kualitas pengungkapan kinerja memang menjadi masalah, karena data yang kurang lengkap dan Evaluasi internal termasuk penyempurnaannya belum berjalan maksimal.

"Sebelum dilaksanakan evaluasi dari Kemenpan RB data-data yang kurang lengkap secepatnya ditambahkan. Untuk mewujudkan semua itu dibutuhkan kerjasama, bukan hanya pemerintah daerahnya yang bekerja tanpa dukungan Perangkat Daerah (PD) tidak mendukung maka upaya yang dilakukan tidak akan terwujud," harap Akhmad Hasmy.

Tampak hadir Analis Kebijakan Ahli Muda Kemenpan RB Aiaz Rajasa, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Johansyah Syafri, Inspektur Bengkalis H Radius Akima, Kaban Bappeda Rinto, Sekretaris Inspektorat Dedy Kurniawan, Sekretaris Bappeda M Firdaus, Kabag Ortal Emilda Susanti, Tim Penyusunan SAKIP.(rls)