Ini Motif Batiknya, Kajari Rohil Sponsornya

Ikatan Adyaksa Darma Kirani Rohil Belajar Membatik

ROHIL (Surya24.com) - Sempena Peringatan Hari Bhakti Adyaksa (HBA) ke 62 dan Ikatan Adhyaksa Darma Kirani (IAD) XXII, Ibu-ibu dari Kejari Rohil, Senin (18/7/2022) kemaren mengikuti pelatihan kursus membatik kain.

Pelatihan membatik kain ini dibuka Kejari Rohil Yuliarni Appy SH.MH dengan mendatangkan pengrajin batik Rohil, Miskiyah Spd seorang pelatih membatik kesohor di Rohil.

Miskiyah Spd, Rabu (20/7/2022) menyebutkan teruja dan amat terkesan dengan Kajari Rohil Yuliarni Appy SH.MH karena peduli dan mendukung serta perannya untuk keterampilan dan melestarikan budaya membatik sebagai salah satu ciri khas Indonesia.

" Benar, Senin 18 Juli 2022 kemaren dari Jam 08.00 WIB pagi sampai sore ibu-ibu pegawai dan staff Kejaksaan Rohil mengikuti pelatihan membatik kain, motif pesisir," ucap Miskiyah, Spd.

Miskiyah Spd menyebutkan pelatihan membatik tulis yang diikuti ibi-ibu Ikatan Adhyaksa Darma Karini kejari Rohil berjumlah 20 orang.

" Saya salut dan teruja seraya terkesan dengan Kajari Rohil Bu Yuliarni Appy SH.MH karena mengundang untuk  memberikan bimbingan pelatihan membatik tulis ibu-ibu Jaksa, " aku Miskiyah Spd yang juga pimpinan KUB PKBM Bina Ilmu Panipahan Kecamatan Pasir Limau Kapas.

" Soalnya kerajinan membatik ini sebenarnya salah satu peluang bisnis dan skill, tentunya dengan bimbingan dan pelatihan artinya turut melestarikan budaya membatik salah satu ciri khas kita Indonesia ini, " sebut Muskiyah Spd.

" Materi yang kami berikan dalam pelatihan tersebut motif pesisir seperti ikan, udang, kerang dan lain-lain sesuai karakter khas daerah kita pesisir ini, " ujar pelatih membatik yang sudah 4 tahun melatih dan memproduksi batik motif pesisir kebanggaan masyarakat Rohil ini.

Terpisah Kejari Rohil Yuliarni Appy SH.MH menyebutkan pelatihan membatik merupakan bagian dari rangkaian acara sempena Hari Bahkti Adyaksa ke 62 dan Ikatan Adyaksa Darma Karini XXII Tahun 2022 ini.

" Berbagai kegiatan kita gelar seperti sepeda santai, baksos dan latihan membatik, puncaknya 22 Juli 2022 mendatang ziarah ke makam pahlawan, "sebut Kajari Rohil ini. (HY)