Pawai Ta'aruf Siak di MTQ Riau di Rohil, Tampilkan Maghrib Mengaji dan Tema Kesultanan Siak

ROHIL (Surya24.com) - Perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-40 tingkat Provinsi Riau tahun 2022, di Bagan Siapi-Api, Kabupaten Rokan Hilir, di awali dengan parade kontingen atau Pawai Ta'aruf yang menampilkan sejumlah kesenian dari kabupaten atau kota se-Riau.

Tak terkecuali, kabupaten Siak juga turut menampilkan kesenian, parade para kafilah, mobil hias dan Drama Magrib Mengaji yang dibawakan grub Pengat Production asal Kota Siak.

Bupati Siak Alfedri tampak hadir dalam rombongan pawai Ta'aruf kabupaten Siak.

Usai acara saat di temui menyampaikan pawai Ta'aruf kali ini, Pemerintah Kabupaten Siak mengambil tema "Belajo Mengaji Tradisional Menjadikan Generasi Qurani".

”Tema tersebut diambil karena Pemerintah Kabupaten Siak memiliki Program Magrib Mengaji, yang mengajarkan kepada anak-anak kita untuk terbiasa mengaji minimal setelah siap shalat magrib, bertujuan untuk menciptakan generasi Qurani, "ujar Bupati Alfedri, di Bagan Siapi-Api, Minggu (24/7/2022).

Gerakan magrib mengaji bertujuan untuk membina anak-anak agar memiliki akhlakul karimah. Magrib mengaji juga merupakan aktivitas ibadah yang sangat lekat dengan masyarakat muslim di negeri Melayu.

”Tradisi magrib mengaji sudah ada zaman sultan dulu, setiap sore usai magrib di setiap rumah warga, anak-anak mengaji, membaca Al-quran. Namun perkembangan zaman nilai-nilai religi itu mulai tergerus,”kata Alfedri.

Penampilan dan menjadi perhatian pesan-pesan yang disampaikan kawan-kawan Pengat Production di sambut meriah oleh warga kota Bagansiapiapi.

Usai melaksanakan pawai Ta'aruf, acara dilanjutkan dengan peninjauan stand Bazar MTQ masing-masing Kabupaten atau Kota oleh Gubernur Provinsi Riau Syamsuar bersama istri Misnarni Syamsuar.

"Kalau dah masuk ke Stand Bazar Siak ni, saya harus makan pak", ucap Syamsuar kepada rombongannya sambil tersenyum lebar.

Sebelumnya, didalam Stand Bazar Siak, juga telah di sediakan berbagai menu diantaranya Laksamana Mengamuk, Roti Jalo, jeruk kasturi madu dan beberapa menu lainnya.

Roti jala, kuah sri kaya, roti canai kuah kari, bolu kembojo, rujak ulek, Laksamana raja mengamuk, air madu jeruk kasturi dan jajanan pasar.

Pawai takruf itu juga di ikuti Wakil Bupati Siak Husni Merza, Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman, beserta unsur Forkompimda, para Camat, Kepala OPD,  beserta peserta lainnya. Pawai Ta'aruf  MTQ ke-40 tingkat Provinsi Riau tahun 2022, yang dilepas langsung oleh Gubernur Provinsi Riau", ucap Alfedri. (rls)