Wagubri Tutup MTQ XL Tingkat Provinsi Riau, Rohil Raih Juara Umum

BAGANSIAPIAPI (Surya24.com) - Wakil Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) H. Edy  Natar Nasution, Jumat (29/7/2022) malam menutup MTQ XL Tingkat Provinsi Riau di Bagansiapiapi Rokan Hilir.

Tuan rumah Kabupaten Rohil berhasil maraih Juara Umum Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XL tingkat Provinsi Riau.

Rohil mendahului 11 Kabupaten dan Kota  setelah meraih Juara Pertama sebanyak 12 cabang, juara 2 sebanyak 20 cabang dan juara 3 sebanyak 5 cabang dengan total peraihan nilai 95.

Disusul urutan kedua Kota Pekanbaru meraih juara 1 sebanyak 5 cabang, juara 2 sebanyak 10 cabang dan juara 3 sebanyak 3 cabang, total nilai 58.

Urutan ketiga Kabupaten Bengkalis meraih juara 1 sebanyak 7 cabang, juara 2 sebanyak 4 cabang dan juara 3 sebanyak 7 cabang, dengan total nilai 54 poin.

Kabupaten Kampar 34 poin, Siak 32 poin, Pelalawan 28 poin, Kepulauan Meranti dan Rokan Hulu 26 poin, Kuansing 17 poin, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir 13 poin, terakhir Kota Dumai 12 poin.

Wagubri Edy Natar Nasution saat menutup MTQ ke-XL Tingkat Provinsi Riau Tahun 2022 mengatakan, upaya meningkatkan Provinsi Riau maju sangat tergantung dengan sumber daya manusia (SDM) sehingga semua pihaknya diminta punya perhatian terhadap peningkatan SDM. 

" Peran masyarakat Islam sebagai mayoritas di Riau sangat menentukan untuk mempersiapkan SDM yang unggul di Provinsi Riau, " sebut Edy Natar Nasution.

Menurut Wagubri melalui momentum MTQ ke-XL Tingkat Provinsi Riau tahun 2022 di Rohil hendaknya Alquran dan Hadist kokoh dijadikan pegangan dan pedoman hidup yang hakiki membentuk kepribadian umat Islam di Provinsi Riau.

" MTQ satu momen bagi umat Islam merefleksikan Alquran, dengan membaca dan memahami sesuai standar yang disusun para ulama, bacaan yang bagus, hafalan dan pemahaman benar yang disajikan di MTQ salah satu cara umat Islam mempedomani Alquran sebagai kaum yang bertakwa," ungkap Wagubri.

" Melalui MTQ kita berharap kedepan lahir generasi emas yang hatinya terikat dengan Alquran, memiliki semangat mengetahui ilmu teknologi serta keinginan terus berinovasi untuk kemaslahatan umat dan bangsa yang kita cintai ini,"kata Edy Natar Nasution.

"Alhamdulillah pelaksanaan MTQ Riau 2022 di Rohil berjalan aman dan lancar, terimakasih kepada peserta yang telah meraih prestasi yang gemilang. Kami berharap prestasi diraih dijadikan motivasi untuk terus meningkatkan kemampuan, bagi yang belum meraih prestasi untuk terus belajar, agar kedepan berprestasi," sebut Wagubri.

Sementara itu Bupati Rohil Afrizal Sintong mengatakan, atas nama pribadi, masyarakat Rohil mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan kontribusi  terselenggaranya MTQ XL Tingkat Provinsi Riau yang telah berlangsung sejak 22-29 Juli 2022 ini.

" Partisipasinya menjadi catatan amal ibadah yang diridhoi Allah, kepada  Khafilah yang juara pada perhelatan ini saya mengucapkan selamat dan tahniah, " ujar Afrizal Sintong.

" Prestasi yang diraih dapat berguna dan bermanfaat serta bisa dipertahankan dimasa mendatang dan memacu diri untuk mengingatkan dengan semangat bermushabaqah untuk meraih penghargaan dan niat baik untuk syiar Al-Qur'an serta membudayakanya dalam kehidupan sehari-hari, " ajak Afrizal Sintong. (HY)