HUT Provinsi Riau ke-65, Wabup Rohil Bacakan Pidato Gubernur

ROHIL (Surya24.com) - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun atau Hari Jadi Provinsi Riau ke-65, Selasa (9/8/2022) di Halaman Kantor BPKAD Jalan Merdeka Bagansiapiapi.

Upacara dihadiri Wakil Ketua DPRD Rohil Basiran Nur Efendi, Kajari Rohil Yuliarni Appy SH MH, Dandim 0321 Rohil Letkol Inf M Erfani SH M.Tr, Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto, Kepala OPD, Ketua Ormas, Ketua OKP dan undangan lainnya.

Dalam amanat Gubernur Riau H Syamsuar yang dibacakan Wabup Rohil H. Sulaiman SS.MH, menyebutkan, sejarah panjang telah mengantarkan Provinsi Riau saat ini 65 tahun. " Pada tanggal 9 Agustus yang kita peringati hari ini cikal bakal berdirinya Provinsi Riau tidak terlepas dari tonggak sejarah diselenggarakannya kongres pemuda Tanggal 17 Oktober 1954 lalu, " ucap H.Sulaiman SS.MH membacakan tek pidato amanat Gubri Drs.H.Syamsuar.Msi ini.

Dalam pidato tersebut disampaikan Kongres digelar ini, merupakan puncak kebulatan tekad masyarakat Riau menentukan masa depannya.

" Kongres ini menghasilkan satu kesepakatan dan tekad untuk menjadikan Riau sebagai Provinsi mandiri berdiri di atas Marwah dan kedaulatannya sendiri, " sebut Wabup Rohil.

Dalam teks pidato tertulis ini disebutkan berbekal hasil kongres inilah utusan masyarakat Riau menghadap Menteri Dalam Negeri menyampaikan hasrat mulia memberikan sesuatu yang terbaik bagi negeri Melayu menyampaikan kebulatan tekad membentuk Provinsi Riau.

Sejarah mencatat 9 Agustus 1957 Presiden Republik Indonesia Soekarno saat di Denpasar Bali menandatangani Undang-Undang Darurat Nomor : 19 Tahun 1957 lalu diterbitkan Undang-Undang Nomor : 61 Tahun 1958.

" Tahun ini Presiden Republik Indonesia 25 Juli 2022 telah menandatangani Undang-Undang Nomor : 19 Tahun 2022 tentang Provinsi Riau, dimana Undang-Undang ini telah disesuaikan dengan perkembangan daerah saat ini," tulis tek Pidato Gubri yang dibacakan Wabup Rohil ini.

Provinsi Riau saat ini menjadi salah satu pusat perekonomian di pulau Sumatera, pesatnya pembangunan di Riau telah kita rasakan bersama, hal ini dibuktikan dengan pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik sebesar 4,88 persen pada triwulan ll tahun 2022.

Dan investasi Provinsi Riau meraih peringkat ke-5 Nasional dengan nilai investasi Tahun 2021 sebesar 53,02 triliun rupiah. Sedangkan di Tahun 2022 pastikan target sebesar 60,46 triliun rupiah kepada Provinsi Riau.

Pemprov telah mengelokasikan dana operasional Pos Yandu 8 juta rupiah untuk setiap desa di Riau dan mengalokasikan dana untuk pelatihan kewirausahaan bagi pemuda-pemudi yang ada di desa sebesar 8 juta rupiah untuk membangun semangat kewirausahaan di kalangan pemuda.

Menurut Wabup Rohil, Gubernur Riau juga  menyampaikan terimakasih kepada unsur Forkopimda Provinsi Riau dan seluruh Kabupaten Kota, DPRD Riau dan Kabupaten kota, seluruh OPD, intansi vertikal, tokoh masyarakat, tokoh agama, OKP, Ormas dan unsur lainnya yang bahu membahu memajukan Provinsi Riau. (Yan)