Kota Solok akan Punya Kampung Budaya

KOTA SOLOK (Surya24.com) - Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minang Kabau (LKAAM), H.Rusli Khatib Sulaiman dan Ketua Bundo Kanduong Kota Solok Shinta Novembra (Ayang) sepakat untuk menjadikan Kota Solok sebagai Kampung Budaya.

Dalam pertemuan di gedung Kerapatan Adat Nagari (KAN) Kota Solok di hadiri oleh beberapa utusan Ninik Mamak dan Bundo Kanduong yang ada di nagari Solok. Mereka menilai dengan adanya adat istiadat Kota Solok maka akan menjadikan kota Solok sebagai Kampung Budaya sangat besar peluangnya.

Melalui LKAAM dan Bundo Kanduong Kota Solok mereka berharap Pemerintah Kota Solok dapat mendukung program yang di buat oleh Lembaga Adat di Kota Solok ini.

" Dengan sinerginya Adat dan Pemerintah di Kota Solok, maka kampung budaya ini akan terwujud di Kota Solok, " harap Ketua Bundo Kanduong Kota Solok Shinta Novembra (Ayang), Sabtu (13/8/2022).

Sementara itu, Walikota Solok, Zul Elfian Umar beberapa waktu yang lalu juga mengatakan, peran dari LKAAM, Bundo Kanduang dan KAN sangat diperlukan pemerintah dalam mewujudkan visi, menjadikan Kota Solok kota yang diberkahi, maju dan sejahtera.

" Untuk membangun pemerintahan yang baik, kita harus menguatkan “Tali Tigo Sapilin”. Tali yang pertama yaitu niniak mamak, tali yang kedua alim ulama dan tali yang ketiga cadiak pandai, " ujarnya.(basa)