Gelar Unjuk Rasa, Bupati Rohil Terima Massa Perwakilan F.SBPTI Kubu H.Fuad

ROHIL (Surya24.com) - Lebih 1.000 massa menggelar aksi unjuk rasa dari buruh pekerja yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Transport Indonesia-Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PUK F.SPTI-KSPSI) Kubu H. Fuad di halaman Kantor Bupati Rohil, Rabu (31/8/2022).

Tujuan aksi demontrasi ini bentuk protes karena di bekukannya kepengurusan SPTI oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong pekan lalu. 

Bupati Rohil Afrizal Sintong, S.IP menerima 15 orang utusan perwakilan masa untuk bertemu dan mediasi membahas tuntutan yang disampaikan tersebut.

Dihadapan perwakilan demonstrasi, Bupati Rohil menyatakan bersedia menerima aspirasi dari para demonstrasi.

Dijelaskan Bupati, apa yang menjadi tuntutan akan dipelajari oleh Pemerintah Daerah baik secara teknis maupun administrasi.

Afrizal Sintong juga menyampaikan akan mencabut surat pembekuan operasional organisasi tersebut apabila masing-masing pihak bersedia melakukan kesepakatan untuk bekerja bersama dilapangan tanpa ada keributan.

Afrizal Sintong menerima perwakilan massa Jam 15.00 WIB sore setelah sebelumnya massa di datangi Wabup Rohil H.Sulaiman SS.MH yang mencoba menenangkan masa di halaman pintu gerbang Kantor Bupati Rohil di Batu Enam Bagan Punak.

Dalam pertemuan dicapai kata sepakat  adanya jaminan masing-masing pihak untuk saling mentaati keputusan bersama ini. " Agar tidak terjadi keributan dikemudian hari, " harap Bupati Rohil.

Tidak hanya itu, dihadapan perwakilan buruh Bupati yang turut di dampingi Wabup juga menyampaikan agar menjamin keamanan dan nenghindari intervensi.

" Saya berharap semuanya berjalan damai dan lancar dan saling menjaga agar tidak terjadi bentrok, " ingat Bupati Rohil ini.

Ditempat yang sama dalam pertemuan tersebut Kepala Dinas Ketenagakerjaan Rohil menyebutkan pihaknya hanya menjalankan tugas pencatatan organisasi dan berharap dilapangan, kubu manapun bisa saling berkomunikasi terkait pelaksanaan masing-masing organisasi.

Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto Sik Msi dan Dandim 0321 Rohil Letkol Inf M Erfani SH M.Tr turut menyebutkan bersedia memberikan pengamanan terkait operasional atau pembongkaran yang dilaksanakan organisasi manapun selama hal ini ada pemberitahuan. (Yan)