PMI Rohil Gelar Muskab, Bupati Harapkan Kebutuhan Darah Terpenuhi

ROHIL (Surya24.com) - Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong, Selasa (6/9/2022) membuka resmi Muskab (Musyawarah Kabupaten) Palang Merah Indonesia (PMI) Rohil yang keempat di Bagansiapiapi.

Musyawarah Kabupaten turut dihadiri Wabup Rohil, H.Sulaiman mendampingi Ketua PMI Riau, Syahril Abubakar MSi, Kepala OPD, Plt Ketua PMI Rohil Ilhami STr Keb, Forkopimda, Camat, Kepala Puskesmas se Rohil dan undangan lainnya.

Plt Ketua PMI Rohil, Ilhami menyebutkan pihaknya berharap dukungan semua pihak agar Muskab yang berlangsung selama dua hari berjalan lancar. Sehingga kedepannya PMI Rohil dapat bekerja maksimal dalam misi kemanusiaan dan sosial.

" Muskab ini diharapkan mampu menjadi modal dasar untuk langkah kedepanya, " harap Ilhami.

Ketua PMI Riau Syahril Abubakar dihadapan peserta Mustak dan undangan menegaskan penilaiannya terhadap Ilhami cocok kedepannya menjadi Ketua PMI Kabupaten Rohil.

" Selama PMI di pimpin oleh Ilhami, banyak menggelar berbagai kegiatan donor darah dan gerakan sosial lainnya, " sebut Ketua PMI Riau ini.

" Walau menjabat Pelaksana tugas, namun sudah melaksanakan 30 kegiatan. Ilhami kinerhanya terlihat baik, jika dikukuhkan jadi Ketua PMI Rohil kedepannya, saya yakin lebih maju lagi, " aku Syahril Abu Bakar.

Syahril menyebutkan untuk Provinsi Riau dalam satu bulan 7 ribu kantong darah di butuhkan dari pendonor darah.

" Oleh sebab itu, dengan kepengurusan PMI ini diharapkan nantinya kebutuhan darah di Rohil ini dapat terpenuhi, " ucap Syahrir Abu Bakar.

Bupati Afrizal Sintong salam sambutanya mengungkapkan selama ini Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pratomo Bagansiapiapi juga sering mengeluhkan  kekurangan stok darah untuk memberikan kepada pasien yang membutuhkan tranfusi darah saat di opname.

" Saya meminta kepada seluruh pihak mulai dari 176 Kepenghuluan dan 25 Kelurahan serta Camat, Kepala Puskesmas bekerjasama secara rutin untuk sponsor donor darah, " ingat Bupati Rohil.

" Kalau kita bersama-sama, dengan peran aktif lurah, penghulu mengajak masyarakat untuk mendonorkan darah, semua kebutuhan itu pasti akan terpenuhi," kata Afrizal Sintong.

" Demi nyawa manusia, Pemkab Rohil siap menganggarkan pembelian alat transfusi darah, sehingga kedepannya jika ada pasien membutuhkan darah PMI Rohil stembay ada stok darah yang cukup, " terang Bupati Rohil.(Yan)