Iven 'Rang Solok Baralek Gadang' Tampilkan 7 Kesenian dan Budaya Tradisional

KOTA SOLOK (Surya24.com)-Iven “Rang Solok Baralek Gadang” yang akan diselenggarakan pada 22 hingga 25 September 2022, menampilkan 7 kesenian dan budaya tradisional Kota Solok. Selain itu masyarakat dan tamu serta undangan lainnya, juga akan dimanjakan dengan hiburan kesenian lainnya, bazar luliner, dan pameran UMKM produk asli Kota Solok.

Dalam siaran pers yang keluarkan oleh Dinas Kominfo Pemerintah kota Solok, Rabu (14/9) menerangkan bahwa, rundown kegiatan yang akan diselenggarakan itu adalah berdasarkan survey dan FGD untuk merumuskan kegiatan, dan kegiatan disesuaikan dengan ketentuan juklak dan juknis yang ada dalam Kharisma Event Nusantara.

Diantara kegiatan tradisional yang akan diselenggarakan itu adalah, Batulak Bala, Vestival Alang Alang, Instalasi Jerami, Basilumuh, Permainan Rakyat, Pawai Budaya, dan Makan Baronjin.

Batulak Bala merupakan ritual yang telah menjadi tradisi masyarakat Minang khususnya kota Solok sebelum melakukan penanaman padi disawah. Dalam hal itu, ratusan masyarakat petani berjalan beriringan disepanjang hamparan persawahan sambil berdoa dan berjikir.

Kegiatan Batulak Bala dipandu oleh seorang Imam atau Ulama, bertujuan untuk meminta ridho illahi agar panen padi melimpah dan tanaman terbebas dari serang hama, seperti hama wereng, hama tikus, dan penyakit tanaman lainnya.

Festival Alang Alang dan instalasi jerami merupakan permainan anak anak petani untuk mengisi hari luangnya. Jerami atau batang padi yang sudah kering dirangkai menjadi berbagai macam rupa, seperti menyerupai patung batu, binatang, perpohonan, dan bentuk lain yang diinginkannya.

Basilumuih merupakan sebuah atraksi Silat yang dimainkan didalam genangan air yang berlumpur. Biasanya kegiatan itu dilakukan dipersawahan pasca panen dilaksanakan. Dahulunya Basilumuih diajarkan kepada anak anak Minang untuk memperdalam ilmu beladiri yang telah dimilikinya. Basilumuih memerlukan tenaga ekstra dibanding permainan silat yang dilaksanakan diruangan atau ditanah lapang.

Kegiatan menarik lainnya yang akan mengisi Event Rang Solok Baralek Gadang adalah Pacu Upiah, Pacu Belut, Tarik Tambang, Basilunau, Sipak Rago, dan Basikakeh Roda Basi. Dan kegiatan akan ditutup dengan Pawai Budaya dan Makan Baronjin.

Pawai Budaya akan diikuti oleh perwakilan dari 13 kelurahan yang ada dikota Solok, pada kegiatan itu akan menampilkan 13 prosesi adat kota Solok mulai dari kelahiran hingga kematian manusia. Sementara itu Makan Baronjin akan melibatkan seluruh peserta pawai, tamu dan undangan, serta seluruh masyarakat yang hadir pada event Rang Solok Baralek Gadang.(basa)