Resep Pie Lemon Meringue, Dessert Segar Tanpa Susu

Ilustrasi (Dok. Taste.com.au)

JAKARTA (Surya24.com) - Pie memiliki banyak variasi, khususnya dari segi isian. Salah variasi pie yang terkenal adalah lemon meringue. Jenis pie yang satu ini menggunakan campuran jus lemon yang segar.

Melansir kompas.com, lapisan kue busa atau meringue di atasnya Simak resep pie lemon meringue yang cocok jadi dessert akhir pekan ala cafe dari Taste.com.

Resep pie lemon meringue

Bahan: 2,5 lembar adonan pie instan (shortcrust), biarkan pada suhu ruangan

250 ml air

125 ml jus lemon

125 gram gula

65 gram tepung jagung

2 butir kuning telur

30 gram mentega

1 kulit lemon parut halus

2 butir putih telur

75 gram gula halus

1 sdt cuka atau jus lemon

Cara membuat pie lemon meringue:

1. Panaskan oven hingga suhu 200 derajat Celcius.

2. Potong lembaran kue sesuai kebutuhan, letakkan di atas cetakan kue. Dinginkan selama 15 menit, tusuk-tusuk atasnya dengan garpu dan panggang selama lima sampai sepuluh menit.

3. Selagi memanggang, campurkan air, jus lemon, tepung jagung ke dalam panci. Rebus sambil diaduk-aduk hingga mengental. Biarkan dingin.

4. Tambahkan kuning telur, mentega, dan kulit lemon, pada campuran jus lemon, aduk hingga rata. Lalu tuangkan di atas permukaan kue.

5. Untuk membuat meringue, kocok putih telur menggunakan mikser hingga lembut.

Tambahkan gula secara berkala, kocok hingga busa menjadi kaku dan kental. Lalu tambahkan cuka.

6. Panaskan oven hingga suhu 220 derajat Celcius, ambil satu sendok meringue, taruh di atas adonan kue. Panggang selama empat hingga lima menit. Jika sudah matang, dinginkan, dan simpan di dalam wadah tertutup.***