Momen Pilu Penjual Asongan Pertahankan Dagangan yang Mau Disita Satpol PP

(Dok:Instagram @ermansafar ©2022 Merdeka.com)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Video aksi seorang petugas Satpol PP menarik paksa dagangan penjual asongan viral di media sosial. Dalam video terlihat petugas menarik dan merebut dagangan penjual asongan.

Penjual itu kemudian berusaha mempertahankan dagangannya namun tak berhasil.Penjual asongan tersebut pun pasrah. Buntutnya, Wali Kota setempat seketika memberi perintah.

Satpol PP Beraksi

Sebuah video singkat yang berlangsung di daerah Bukittinggi, Sumatera Barat viral di media sosial. Video tersebut menampilkan aksi seorang petugas Satpol PP yang bertugas di lapangan.

Nampak di depan keramaian di suatu area perbelanjaan, seorang petugas Satpol PP tersebut nampak seorang diri. Dengan balutan seragam dinas lengkap, petugas nampak berjibaku menertibkan para pedagang.

Melansir merdeka.com, salah satunya yakni sosok penjual asongan berkaos biru berikut. Momen interaksi yang berlangsung itu pun diabadikan salah satu warga kemudian diunggah di media sosial.

Penjual Asongan Pertahankan Dagangan

Kendati bertugas seorang diri, Satpol PP tersebut justru bertindak tegas. Dia berusaha merebut satu keranjang dagangan milik penjual asongan tersebut.

Tak mau tinggal diam, sang pemilik dagangan itu seketika memberikan perlawanan. Kejadian tarik-menarik barang dagangan itu pun berlangsung cukup lama.

Hingga keduanya sempat mendapat atensi dari banyak orang di lokasi. Kendati demikian, tak ada yang bergeming saat penjual asongan tersebut tengah berjibaku seorang diri mempertahankan sumber penghidupannya.

Di akhir video, nampak barang dagangan tersebut berhasil disita petugas. Melihat dagangannya raib dari tangan, penjual tersebut nampak pasrah dan tak memberikan pelawanan kembali.

Sanksi Diterapkan ke Satpol PP

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar turut menanggapi kejadian yang berlangsung di wilayah administratifnya tersebut.

Diungkapnya, petugas yang bertindak di lokasi tersebut bakal dicopot dari jabatannya saat ini.

"Menanggapi laporan masyarakat atas tindakan oknum sat pol PP yang bertindak tidak patut. Walikota Bukittinggi copot jabatan yang bersangkutan," demikian dikutip dari keterangan video.

Pesan Mendalam Wali Kota Bukittinggi

Erman turut menambahkan, kesopanan serta adab menjadi unsur yang seharunya menjadi prioritas petugas saat di lapangan.

"Dan berpesan untuk bertindak lebih sopan, santun dan beradab," demikian dikutip dari keterangan video.

Ke depan, Erman berharap ada sikap preventif dari para petugas Satpol PP saat menertibkan lokasi. Salah satunya caranya yakni dengan mengutamakan komunikasi.

"Kedepankan komunikasi, preventif," imbuh sang Walikota.***