Pacu Pengentasan Kemiskinan Kepala Daerah Se-Sumbar Gelar Rakor Di Jakarta

JAKARTA (Surya24.com) - Seluruh kepala daerah tingkat dua yang ada di lingkup provinsi Sumatera Barat, mengikuti rapat koordinasi (Rakor) Penanggulangan Kemiskinan, Kamis, 6 Oktober 2022, di Hotel Balairung Jakarta.

Rakor dipimpin lansung oleh Gubernur Sumatera Barat, H.Mahyeldi Ansarullah,
dihadiri oleh wakil gubernur Audy Joinaldy, dan pada kesempatan itu turut diikuti oleh walikota Solok, H.Zul Elfian Umar.

Dari data yang dirangkum media ini, Rakor yang dilaksanakan itu merupakan implementasi dari dukungan terhadap program prioritas nasional tahun 2022, pasca Disrupsi yang disebabkan oleh Pandemi Covid-19.

Kegiatan itu juga disesuaikan dengan tema Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2023, yakni peningkatan produktivitas untuk transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

RKP tahun 2023 yang diprogramkan secara nasional itu, dalam pelaksanaannya, mewajibkan setiap pemerintah daerah dan  bertanggung jawab untuk mengentaskan kemiskinan.

Dan tentunya, untuk mengimplementasikan didaerah masing masing, juga tidak terlepas dari juklak dan juknis, serta aturan dan peraturan yang ada dan berlaku. Oleh sebab itu dilakukan instrumen melalui Rakor dengan mendatangkan Nara sumber dari Dirjen Bina Bangda Kemendagri RI, Sekretaris Eksekutif Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Sebagai bentuk penghormatan, walikota Solok diberikan kesempatan untuk memaparkan program-program pengentasan kemiskinan yang telah dikuasainya, dalam hal itu H.Zul Elfian Umar mengedepankan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian. (Basa)