Kadis DKP Riau Tinjau ke Lokasi

Tiang Bubu di Pulau Halang Mengancam Keselamatan Transportasi Laut

BAGANSIAPIAPI (Surya24.com) - Usai Kadis Kelautan Dan Perikanan Riau meninjau Pulau Halang Kubu Babusalam Rokan Hilir untuk melihat keberadaan tiang bubu di sepanjang perairan tersebut pada Selasa (10/12/2019) lalu, Kamis (12/12/2019) beredar kabar tiang bubu bermasalah itu akan dicabut.

Menjawab informasi yang beredar, Kamis (12/12/2019) Hermanto PPNS UPT. Pengendalian Sumberdaya Kelautan Dan Perikanan Wilayah III Rohil-Dumai menyebutkan isu tersebut ada benarnya.

" Kemaren Pak Kadis Ir.Herman Mahmud MSi tutun bersama Ketua Ikatan Sarjana Kelautan, Roman dan Ketua HPPMP, menelusuri Pulau Halang, " sebut Hermanto.

Ir.Herman Mahmud Msi dan rombongan melihat deretan tiang-tiang bubu yang mengganggu alur pelayaran. " Keberadaan tiang-tiang bubu mengancam keselamatan nelayan, " ucap Waisal Quni, Ketua Pelajar Mahasiswa Pekanbaru ini.

Menjawab argumen Waisal Quni dan Ketua Ikatan Alumni Sarjana Kelautan Riau, Ir.Herman Mahmud SMi tegas meminta pengusaha dan nelayan mematuhi Undang-Undang dan aturan yang ada.

" Patuhi aturan, yang bermasalah kita tertibkan dan bongkar, jadi tolong hargai aturan yang ada, " ucap Kepala DKP Riau ini di hadapan pengusaha tangkap ikan tiang bubu Kecamatan Kubu Babusalam ini.

Tiang bubu sarana alat nemasang jaring ikan di pulau penghasil ikan dan terasi terbesar di Riau, namun lokasi tiang di tempati turun menurun dan nengganggu alur pelayaran Panipahan, Pulau Halang dan Bagansiapiapi serta sudah banyak memakan korban nyawa manusia karena terlanggar tiang-tiang tersebut. (Yan)