Menteri ATR/BPN Tandatangani Pelepasan Sebagian HGU PT BNS kepada BPN Inhil

INHIL (Surya24.com) - Kamis 16 Februari 2023 Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Riau dalam rangka mendukung Program Program Strategis Nasional (PSN) Kementerian ATR/BPN yaitu mempercepat pendaftaran tanah di seluruh Indonesia dan penyelesaian sengketa pertanahan serta Pelaksanaan Reforma Agraria.

Dalam kunjungannya ke Riau Menteri ATR/BPN di dampingi Gubernur Riau, Anggota Komisi II DPR RI, Forkopimda Provinsi Riau beserta Walikota/Bupati menyaksikan secara langsung Penyerahan sekaligus Penandatanganan Pelepasan sebagian Hak Guna Usaha (HGU) PT. Bhumireksa Nusa Sejati (BNS) seluas  5.484,9 Ha di Wilayah Kabupaten Indragiri Hilir.

Penyerahan tersebut dari Pimpinan Perusahaan kepada Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Indragiri Hilir Fairizon, A.Ptnh di hadapan Bupati Indragiri Hilir HM. Wardan.

Mekanisme Pelepasan HGU dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri ATR/BPN Nomor 18 Tahun 2021 tentang tata Cara Penetapan Hak Pengelolaan dan Hak Atas Tanah. Berhasilnya penandatangan ini juga adalah bentuk Komitmen bersama mulai dari upaya Kementerian ATR/BPN melalui Kantor Pertanahan Kabupaten Indragiri Hilir, dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, Tokoh Masyarakat, serta Pimpinan Perusahaan.

Permasalahan penguasaan lahan antara perusahaan dengan masyarakat di wilayah pelepasan tersebut sudah terjadi sejak lama yaitu tahun 2000. Sehingga dengan telah ditandatangi pelepasan sebagian hak dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan menjadi sumber tanah objek agraria (TORA) kepada pemerintah.

Menteri Hadi mengapresiasi semua pihak yang mengupayakan pelepasan ini dilaksanakan, dan berharap banyak lagi perusahaan yang melakukan hal sama untuk ikut serta dalam mensukseskan kegiatan PSN dari Kementerian ATR/BPN.(mul)