Audy Joinaldy Sosialisasikan Germas Di Ponpes Al Muntaz Kota Solok

KOTA SOLOK (Surya24.com) - Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Rabu, 19 Oktober 2022, di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Mumtaz, kecamatan Tanjung Harapan, kota Solok.

Dalam kunjungan sosialisasinya itu, hadir dalam rombongan unsur dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar. Sementara itu, dikota Solok Wakil Gubernur didampingi oleh Walikota Solok, H.Zul Elfian Umar, Kakan Kemenag Kota Solok, Afrizal Thaib, Pimpinan Pondok Pesantren Al Mumtaz Kota Solok, Zulbadri, dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok, Elvi Rosanti.

Pada kesempatannya memberikan kata sambutan, Walikota Solok mengucapkan selamat datang kepada wakil Gubernur Sumatera Barat dan rombongan, serta menyampaikan ucapan terimakasih terkait tujuan dari kunjungan yang dilakukan tersebut.

Sementara itu dalam sosialisasi yang disampaikannya, Audy mengatakan, prevalensi Stunting di kota Solok terendah di Sumatera Barat yakni pada angka 18,5 %. Sementara itu untuk provinsi Sumatera Barat berada pada angka 23,3% sedikit dibawah prevelansi nasional yakni 24,4 %.

" Dari angka tersebut menyimpulkan bahwa pemerintah kota Solok harus lebih eksis lagi dalam memacu penurunan Stunting didaerah setempat, " imbuh Wakil Gubernur Sumatera Barat.

Audy menyebutkan, diketahuinya angka Prevalensi Stunting itu adalah  berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI), dan dari persentase yang didapatkan, harus dijadikan sebuah siknal untuk memacu pencegahan Stunting di kota Solok.

Target Prevalensi stunting nasional, imbuh Audy, adalah sebesar 14% pada tahun 2024, dan hal itu akan dicapai dengan penerapan pola hidup sehat. Yang harus menjadi perhatian dalam upaya penurunan Stunting adalah kecukupan nutrisi bagi perempuan sejak usia remaja, terutama kebutuhan zat besi (Fe) dan sel sel darah merah.

" Dengan penerapan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, akan membantu pemerintah dalam upaya penurunan Stunting didaerah setempat, " pungkas Audy Joinaldy mengakhiri. (Basa)