Pemkab Tunda Acara Silaturahmi dan Penyerahan Bingkisan untuk Pendiri Rohil

ROHIL (Surya24.com) - Walau surat undangan telah di sampaikan beberapa waktu lalu kepada tokoh-tokoh pendiri Kabupaten Rohil yang di undang hadir, Selasa (25/10/2022) malam ini ternyata ditunda.

Silatirahmi dan pembetoan bingkisan dari Bupati Rohil kepada pelaku sejarah  ditunda sampai ada pemberitahuan lanjutan nantinya.

Ditundanya acara silaturahmi antara Pemkab dengan tokoh-tokoh pendiri dari Komite Perjuangan Pembentukan Rokan Hilir Tahun 1999 lalu diketahui, Senin (24/10/2022) hari ini.

Penundaan acara ini diketahui melalui Surat  Nomor : 400/Setda-Kesra/2022/271bersifat biasa tentang penundaan acara. Surat pemberitahuan penundaan ditanda tangani Pj (Pejabat) Setdakab Rokan Hilir Drs. Ferry Hendra Parya.

Informasi dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (25/10/2022) menyebutkan acara ini ditunda karena  padatnya acara Bupati Rohil Afrizal Sintong dan Wabup H.Sulaiman SS.MH diluar Rohil.

Tersiar juga Pemkab menunggu validasi data tokoh-tokoh pendiri atau tokoh pejuang pembentukan Kabupaten Rokan Hilir. Karena sebelum terbit surat penundaan ternyata ada tokoh-tokoh pelaku sejarah tidak masuk daftar undangan di acara tersebut.

Beberapa tokoh pejuang pembentukan Kabupaten Rohil keberatan karena tidak masuk daftar yang di undang. " Kami heran data mana, informasi yang diundang, dapat data dari siapa, kan sudah terbentuk Forum Pelaku Pembentukan   Kabupaten Rohil dan Panitia Peringatan HUT Rohil ke 23, " ucap Ridayanti SH, Sekretatis Panitia HUT Rohil ke 23 dari Forum Pelaku Pembentukan Kabupaten Rohil.

Ditundanya acara silaturahmi dan penyerahan bingkisan dari Pemkab Rohil kepada pelaku sejarah disambut baik pelaku-pelaku sejarah berdirinya Kabupaten Rohil.

" Selain penundaan acara silaturahmi juga turut ditunda pemutaran film dokumenter, " sebut Rodayanti SH didampingi Syaiful Tarmizi.

" Pemutaran film dokumenter di tunda juga, awalnya 30 Oktober 2022 ke jadwal selanjutnya disesuaikan dengan waktu luang Bupati untuk bersama-sama menonton film ini, " ucap Ridayanto SH dan Syaiful Tarmizi kepada awak media ini.

Sekrektaris Panitia HUT Rokan Hilir ke 23 dari Forum Pelaku Pembentukan Kabupateb Rokan Hilir, Ridayanti SH membenarkan adanya penundaan pemutaran film domumenter dan malam hiburan rakyat ini.

" Pemutaran film dokumenter turut di  tunda, karena 30 Oktober 2022 Bapak Bupati dan Wabup Rohil ada acara lain di luar Rohil, kita tunda dulu, " aku Ridayanti RH dan menambahkan. Hal ini akan di koordinasikan kepada Ketua Panitia Hajjah Sariana istri dari Almarhum H.Ramli Haraffie Sekrektaris Komite Perjuangan Pembentukan Kabupaten Rohil Tahun 1999 lalu.

Sekilas tentang film dokumenter merupakan gabungan potongan-potongan video saat Mubes Tahun 1999 lalu. Pengerjaan film ini sedang di editting Iskandar M Noor dan Juki dengan pengisi suara latar H.Yan Faisal.

" Untuk editting sedang kami  dikerjakan, tinggal pengisisn suara, begitu pagelaran seni di dukung pelajar SMPN-2 Bagansiapiapi, " aku Iskandar M Noor. (HY)