Hari Pramuka Ke - 61 Berjalan Sukses Dan Meriah

Pertama Di Sumatera Barat Dan Dihadiri Oleh Para Tamu Istimewa

KOTA SOLOK (Surya24.com) - Dalam memperingati Hari Pramuka Ke-61 tahun 2022 tingkat Provinsi Sumatera (Sumbar), Kwatir Cabang (Kwarcab) Pramuka kota Solok dinobatkan dan dipercaya sebagai tuan rumah. Dalam mengemas kegiatan itu agar terlaksana secara sukses dan meriah, melibatkan seluruh unsur masyarakat dan para pemangku jabatan yang ada didaerah setempat.

Berdasarkan rapat koordinasi (Rakor) terakhir, mereka berjibaku menjalankan fungsinya masing masing sesuai tugas yang diberikan, termasuk tugas dalam menciptakan keamanan dan kenyamanan yang diemban oleh jajaran Polres Solok Kota, Dandim 0309/Solok, dan dibantu oleh Satuan Polisi Pamong Praja kota Solok.

Perhelatan dalam memperingati Hari Pramuka Ke-61 di Kota Solok, diawali dengan pergelaran malam Tuah Sakato. Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa, 18 Oktober 2022, di Gelanggang Olahraga (GOR) Tanjung Paku, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok itu, dihadiri oleh para tamu dan undangan yang datang dari seluruh Kwarcab Pramuka seluruh Sumatera Barat.

Juga terlihat hadir pada malam itu, para tamu kehormatan yakni Sekjend Kwatir Nasional Gerakan Pramuka, Bachtiar Utomo, ketua komisi Kesakaan Sako dan Gugus Dharma, Yuniar Luthfi, serta Trimbalan Ketua Pesuruhjaya Pengakap (Pramuka) negeri Sabah Malaysia, Nurman Bin Dato' Dr.Awang Zaini dan rombongan.

Kedatangan mereka dalam menghadiri malam keakraban itu, disambut lansung oleh Walikota Solok, H.Zul Elfian Umar, Wakil walikota Solok, Dr H.Ramadhani Kirana Putra, Ketua DPRD Kota Solok, Hj.Nurnisma, Ketua Komisi I DPRD Kota Solok, Rusdi Saleh, Ketua Komisi III, Yoserizal, para asisten sekretaris daerah kota Solok, staf Ahli walikota Solok, Forkopimda kota Solo, ketua LKAAM kota Solok, Ketua KAN Solok, ketua Bundo Kanduang Kota Solok, seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada dilingkup pemerintahan kota Solok, serta pimpinan organisasi masyarakat yang terdaftar di Kesbagpolimas kota Solok.

Malam keakraban Tuah Sakato Hari Pramuka Ke-61 tahun 2022 tingkat Provinsi Sumatera Barat, diawali dengan pemutaran video yang menampilkan pesan pesawat kertas yang dikirim oleh ketua Kwarda Sumbar, Audy Joinaldy untuk Ketua Kwarcab kota Solok, Dr.H.Ramadhani Kirana Putra. Dan dilanjutkan dengan berbagai kegiatan menarik seperti penampilan atraksi seni budaya dan musik yang disuguhkan Kwarcab Pramuka Kota Solok, penampilan tarian Pramuka, tari sorak Sorai, prosesi Adat Ambalan Tuah Sakato, tari payung, paduan suara difabel, peluncuran aplikasi Sistim Aplikasi Terpadu Layanan Pramuka (SATYA) Kwarcab kota Solok, serta hiburan musik yang dimainkan oleh grub Band D'Plust.

Dalam kesempatan yang diberikan kepada ketua Kwatir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Barat, Audy Joinaldy mengungkapkan kebanggaannya atas penyelenggaraan Malam Tuah Sakato yang begitu semarak dan memberikan apresiasi untuk keluarga besar Kwarcab Pramuka kota Solok yang telah mengemas acara pada Malam Tuah Sakato dengan sungguhan yang spektakuler dan pelayanan luar biasa yang dipersembahkan untuk gerakan Pramuka Sumatera Barat.

" Ini adalah salah satu kemasan yang sangat spektakuler dan keren banget, kemasan yang disajikan sangat luar biasa. Adik adik Pramuka adalah harapan bangsa, dan menjadi harapan Sumatera Barat. Tugas utama adik adik saat ini adalah belajar dengan baik, buat bangga orang tua, keluarga, dan sekolah masing masing. Insya Allah kelak adik adik akan dapat membanggakan Indonesia, oleh karena itu, seriuslah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, saling belajar, dan jalin Silahturahim dengan seluruh peserta yang ada," pesan wakil gubernur Sumatera Barat.

Paparan seirama juga disampaikan oleh Sekretaris Jendral Kwarnas Gerakan Pramuka, Bachtiar Utomo juga memberikan apresiasi pada malam pembukaan tersebut. Menurut Sekretaris Jendral itu, acara dan kegiatan itu menjadi salah satu bukti bahwa Pandemi Covid-19 telah berlalu sehingga tidak mengurangi semangat pelaksanaan kegiatan Pramuka sebagai bagian dari kegiatan pendidikan formal.

Lebih jauh Bachtiar menyebutkan, pada tahun 2023 mendatang, Kwatir Nasional Gerakan Pramuka akan mengirim sebanyak 1400 orang Pramuka untuk mengikuti Jambore Dunia di Korea Selatan. Bachtiar Utomo berharap, dalam kegiatan itu dapat melibatkan Kwatir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat untuk berpartisipasi dan mengirimkan kontingen bersama sa Kwatir Daerah lainnya dan tergabung dengan kontingen Pramuka Indonesia.

Sebelumnya ketua Kwarcab Pramuka Kota Solok dalam laporannya menyampaikan, dengan mengangkat tema transformasi gerakan Pramuka menuju era digital, Giat Prestasi Daerah (GPD) 2022 menjadi saran pendidikan dan keterampilan untuk Pramuka Penegak dan Pramuka berkebutuhan khusus yang dikemas dalam kegiatan perlombaan yang menarik, menyenangkan dan riang gembira serta mengandung nilai nilai pendidikan.

GPD bertujuan untuk mempererat tali persahabatan dan persaudaraan antar sesama Pramuka Penegak dan Pramuka Berkebutuhan khusus, meningkatkan jiwa kepemimpinan dan Patriotisme, meningkatkan inovasi dan kreatifitas dalam bingkai kekinian yang berbudaya, meningkatkan rasa cinta tanah air yang tinggi sebagai implementasi dari kode kehormatan Pramuka, yakni janji Tri Satya dan ketentuan moral Dasa Dharma.

Beranjak dari kegiatan Malam Keakraban Tuah Sakato tersebut, tepatnya pada esok harinya, Rabu, 19 Oktober 2022, dilapangan Merdeka Kota Solok, diselenggarakan Apel Akbar Hari Pramuka ke-61 tingkat Provinsi Sumatera Barat. Apel Akbar menjadi kegiatan kedua dari seluruh rangkaian kegiatan Hari Pramuka tehun 2022 yang dilaksanakan dikota Solok.

Hadir pada kegiatan itu Wali Kota Solok selaku Ketua Majelis Pembina Cabang (Mabicab) Pramuka Kota Solok, Zul Elfian Umar, Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Kak Mayjen TNI (Purn) Dr. Bachtiar S.IP., M.A.P, Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Sumbar, Dr. Ir. Audy Joinaldy, S.Pt , M.Sc., M.M., IPM, ASEAN.Eng, Ketua Kwarcab Pramuka Kota Solok, Dr.H.Ramadhani Kirana Putra, Ketua kwarcab pramuka se-Provinsi Sumbar, Forkopimda Kota Solok serta Pengakap dari Sabah Malaysia sebanyak dua orang.

Sebelum kegiatan yang terkemas dengan rapi itu dilaksanakan, terlebih dahulu kegiatan diisi dengan penyerahan  penghargaan ketua pengakap Negeri Sabah, Malaysia kepada Ketua Kwarda Pramuka Sumbar, Kak Audy Joinaldy, Harian Kwarda Sumbar, Kak Yulius, Ketua Bidang Pembinaan Anggota Muda Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat, Kak Lithos serta Pingat Ketua Pesuruhjaya Pengakap Negeri Sabah kepada Ketua Mabicab Kota Solok, Kak Zul Elfian Umar. Ini merupakan anugerah tertinggi pengakap bagi negeri berkenaan.

Semua Penghargaan diserahkan langsung oleh Timbalan Ketua Pesuruhjaya Pengakap Negeri Sabah.
Penghargaan di bidang Pramuka. Lencana Melati diberikan kepada Ketua Harian Kwarcab Kota Solok, Wadirman, Wakil Sekretaris Kwarcab Kota Padang, Amriman, Wakil Ketua Kwarcab Kota Sawahlunto, Muharror Walad dan Kapusdiklatcab Kota Solok, Anasrul.

Lencana Darmabakti diberikan kepada Ketua Mabicab Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, Ketua Mabicab Pasaman Barat, Hamsuardi, Ketua Kwarcab Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra, Ketua Kwarcab Pasaman Barat, Risnawanto, Ketua Kwarcab Pesisir Selatan, Rudi Hariansyah, serta anggota Mabicab Kota Padang, Edy Oktafiandi.

Lencana Karya Bakti diberikan kepada Kapusdiklatda Sumbar, Candrianto, Wakil Ketua Kwarda Sumatera Barat, Patra Rina Dewi, Ketua Kwarcab Sawahlunto, Zohirin Sayuti, dan Wakil Ketua Kwarcab Kota Solok, Afridoni Aradhita. Serta Lencana Teladan diberikan kepada Dewan Kerja Daerah Sumatera Barat, Fridy Sufeno. Juga diaedahkan  penghargaan seorang Warga Kota Solok yang berhasil menjadi juara 1 dalam kompetisi TIK bagi disabilitas angkatan kerja tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI atas nama Firdaus.

Audy Joinaldy mengatakan, peringatan Hari Pramuka ke-61 mengangkat tema 'Mengabdi tanpa batas membangun ketangguhan bangsa'. Ucapan terimakasih peran serta semua pihak pramuka dalam menanggulangi pandemi covid-19. Kedepan, marilah tetap ceria dalam menjalin komunikasi dengan sesama anak bangsa. Peringatan Hari Pramuka ke-61 dilengkapi dengan kegiatan Giat Prestasi Daerah yang secara resmi dibuka dengan pemukulan gandang tabuah. Apel besar tersebut juga menampilkan tari massal dan atraksi kepramukaan oleh pelajar se-Kota Solok dan Marching Band dari IPDN Baso.

Untuk melengkapi kemeriahan Hari Pramuka ke-61 tahun 2022 tingkat Provinsi Sumatera Barat, dilaksanakan Giat Prestasi Daerah (GPD). Kegiatan dikemas dengan menyelenggarakan berbagai perlombaan, dan diikuti oleh Pramuka Penegak seluruh Provinsi Sumatera Barat.

Diantara perlombaan yang dipertandingkan antara lain adalah, Pionering, Lomba Cerdas Cermat (LCC), PBB, Disian Grafis, Reportase, Disian dan Maket Pionering serta lomba penyelengaraan jenazah. Dalam Giat Prestasi daerah juga melibatkan Pramuka Berkebutuhan Khusus (PBK) serta juga mengikuti lomba untuk Pramuka Berkebutuhan khusus seperti Lomba Pinering membuat jembatan darurat, merangkai bunga, memasak dan disain grafis membuat poster.

Pada malam terakhir tepatnya  Jum'at, 21 Oktober 2022, di Bumi Perkemahan Pulau Belibis Ampang Kualo Kota Solok, sebelum kegiatan diakhiri dengan pembakaran Api Unggun,  panitia pelaksana kegiatan mengumumkan para juara perlombaan GPD. Gelar Prestasi Daerah merupakan agenda tahunan Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat. Pada tahun 2022 ini, kegiatan bertemakan ” Transformasi Gerakan Pramuka Menujue Era Digital ”.

Adapun daerah atau Kwarcab di Sumatera Barat yang berhasil memboyong penghargaan atas prestasi atau kemenangan yang telah diraihnya antara lain adalah, untuk Pramuka Reguler, perlombaan dicabang Pionering membuat kapal, Juara 1 Kwarcab Kota padang, Juara II  Kwarcab Kabupaten Padang Pariaman, dan Juara III Kwarcab Kabupaten Agam. Cabang Reportase, Juara 1 Kwarcab Kota Solok, Juara II Kwarcab Kabupaten Dharmasraya, dan Juara III Kota Padang Panjang.

Pada Cabang perlombaan PBB, Juara 1 Kwarcab Kota Padang, Juara II Kwarcab kabupaten Kepulauan Mentawai, dan Juara III Kwarcab Kota Solok. Pada Cabang Disain dan Maket Pionering Juara 1 Kwarcab Kota Padang, Juara II
Kwarcab Kabupaten Padang Pariaman, dan Juara IIai  Kwarcab Kota Solok. Perlombaan Cabang Disain Grafis,
Juara 1 Kwarcab Kabuapten Padang Pariaman, Juara II Kwarcab Kabupaten Solok, dan juara III Kwarcab Kabupaten 50 Kota. Lomba Cabang Cerdas Cermat, Juara 1 Kwarcab Kabupaten Padang Pariaman, Juara II Kwarcab Kabupaten Solok, dan Juara III Kwarcab Kota Padang. Perlombaan di Cabang Penyelenggaraan Jenazah, Juara I diraih oleh Kwarcab Kota Padang, Juara II Kwarcab kabupaten Tanah Datar, dan Juara III Kwarcab Kota Bukitinggi.

Untuk pemenang kategori Pramuka berkebutuhan Khusus. Pada perlombaan Disain Grafis, Juara I diraih oleh Kwarcab Kota Padang, Juara II Kwarcab Kabupaten Pasaman, dan Juara III Kwarcab Kabupaten Pesisir Selatan. Pada Cabang Merangkai Bunga, Juara I jatuh pada Kwarcab Kabupaten Agam.

Juara II Kwarcab Kota Padang, dan Juara III Kwarcab Kota Bukittinggi. Perlombaan dicabang Pionering, Juarai I jatuh pada Kwarcab Kota Padang, Juara II Kwarcab Kabupaten Sijunjung, dan Juara III Kwarcab Kabupaten Pasaman. Pada perlombaan dicabang Memasak, Juara I diraih oleh Kwarcab Kabupaten Pesisir Selatan, Juara II Kwarcab Kota Sawahlunto, dan Juara III Kwarcab Kota Padang. (Basa)