Apa Tren Smartphone 2023? Ternyata Kamera Bisa Dibongkar Pasang Layaknya Mirrorless

(Foto: Xiaomi)

JAKARTA (Surya24.com) - Inovasi desain smartphone terus mengalami perkembangan. Tidak berhenti dengan gaya layar lipat, kini pabrikan sudah mulai menapaki perangkat dengan lensa yang bisa bongkar pasang layaknya kamera mirrorless.

Smartphone dengan kamera seperti baru saja dipamerkan pabrikan smartphone asal Negeri Tirai Bambu, Xiaomi. Ia adalah Xiaomi 12S Ultra yang pada bagian belakangnya dilengkapi dudukan untuk lensa Leica M.

 

Lewat sebuah video di YouTube Creator Studio, bisa dilihat bahwa Xiaomi berencana untuk merilis smartphone premium yang biaa dibilang merupakan model hibrida antara smartphone dan kamera mirrorless.

Melansir okezone.com, Smartphone yang statusnya masih sebatas konsep ini memiliki sensor kamera 1 inci yang tidak ditutupi oleh lensanya sendiri, tetapi juga ditutupi oleh kaca safir untuk perlindungan yang lebih ekstra.

Ini memungkinkan pengguna untuk memasang lensa dudukan Leica M, dengan membuka modul untuk penggunaan semi-profesional. Xiaomi juga mengatakan bahwa 12S Ultra sudah mendukung RAW 10-bit.

Melansir dari GSM Arena, Selasa (8/11/2022), konsep ini dapat mengambil foto dan video seperti ponsel biasa karena memiliki kamera utama yang sama dengan 12S Ultra (sensor 1”, lensa 23mm) dan kamera ultra lebar (13mm).

Konsep Xiaomi ini berbeda dari yang dikembangkan sebelumnya karena lensa Leica yang terpasang kini dapat mengirimkan cahaya langsung ke sensor, kecuali kaca pelindung yang menahan debu dan air.

Ini berfungsi lebih seperti kamera mirrorless 1 inci saat lensa dipasang. Namun, tidak seperti kamera mirrorless biasa, perangkat ini juga diberkahi dengan keterampilan fotografi komputasi canggih yang diaktifkan oleh chipset Snapdragon 8+ Gen 1 yang kuat.

Konsep smartphone Xiaomi 12S Ultra adalah sesuatu yang cukup unik yang dibangun oleh Xiaomi dan Leica. Bahkan memiliki bagian belakang kulit imitasi yang sama dan juga dilengkapi debu IP68 dan tahan air.

Perusahaan turut serta menambahkan beberapa penguatan pada bingkai tempat lensa dipasang agar lebih kokoh. Sayangnya belum diketahui kapan konsep smartphone Xiaomi ini akan mulai direalisasikan.

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa smartphone akan dirilis pada tahun 2023 mendatang dan menjadi tren baru segera setelahnya. Pabrikan lain pastinya akan menghadirkan konsep serupa, mengingat konsep ini sangtlah baru.***