Antisipasi Terjadi Karhutla

Wabup Serahkan 20 Unit Ranmor Kepada Datuk Penghulu se Kabupaten Rohil

BAGANSIAPIAPI (Surya24.com) - Wakil Bupati Rohil Jamilludin secara resmi menyerahkan 20 unit Kendaraan Bermotor (Ranmor) roda 2 (dua) kepada Datuk Penghulu se Kabupaten Rokan Hilir. Selain itu, 1 unit diserahkan kepada Kodim 0321 dalam rangka antisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tahun 2020.

Ranmor tersebut diserahkan Senin (30/12/2019) pukul 09.30 Wib dilapangan Makodim 0321 Rokan Hilir Batu Enam Bagansiapiapi Kecamatan Bangko, Rohil. Acara penyerahan Ranmor roda 2 dipimpin langsung Wabub Rohil Jamilludin disaksikan Dandim 0321 Rohil Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi SIP MI Pol.

Selain itu dihadiri juga oleh Wakil Ketua DPRD, Forkopimda, Sekdakab, PImpinan TInggi Pratama, Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SH, Babinsa, Lurah dan Datuk Penghulu se Kabupaten Rokan Hilir. " Jika masyarakat di kepenghuluan masing-masing mengetahui adanya titik api karhutla segera memberitahukan kepada Datuk Penghulu di wilayah itu agar segera di cek,"ucap Jamilludin.

Jamilludin menyampaikan, dengan adanya penyerahan kendaraan roda 2 untuk Kepenghuluan tersebut diharapkan dapat digunakan dengan sebaik mungkin. Tujuan dan fungsinya untuk mengantisipasi jika terjadi karhutla di tahun 2020 di wilayah kepenghuluannya masing-masing.

" Ranmor Dinas ini adalah berkat kerja sama Pemda Rohil bersama Kodim 0321 dan Polres Rohil yang bersepakat menanggulangi karhutla. Tujuannya supaya jangan lagi terjadi karhutla di tahun 2020 ini khususnya di wilayah kita ini," ucap Jamilludin.

Kemudian disampaikannya, semoga Ranmor tersebut dapat digunakan dengan sebaik baiknya. Wakil Bupati mengajak masyarakat berdoa di tahun 2020 mendatang tidak terjadi lagi karhutla.

Sementara itu, Dandim 0321 Rohil menyampaikan, memasuki musim kemarau ini kondisi tanah gambut yang suhu nya cukup panas. " Faktor alam menjadi salah satu penyebab karhutla, cuaca suhunya cukup panas terutama di daerah kita ini. Dengan adanya Ranmor roda 2 ini, semoga dapat digunakan untuk operasional pencegahan karhutla," ucapnya sembari menyebutkan sebelumnya tahap pertama penyerahan 74 Unit Ranmor sudah dilaksanakan di Mapolres Rohil. (Hen/Yan)