Saat Terjadi Gempa Bumi, Lakukan 9 Hal Ini

Ilustrasi (Istockphoto/ Furchin)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Gempa bumi berkekuatan 5,6 SR mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11) siang. Peristiwa itu tak ayal membuat warga histeris dan lari berhamburan keluar dari gedung atau rumah.

Sama seperti bencana alam lainnya, gempa bumi terjadi tanpa bisa diprediksi. Oleh karena itu, masyarakat perlu tahu hal-hal yang harus dilakukan saat terjadi gempa bumi.

Melansir cnnindonesia.com, Indonesia sendiri masuk ke dalam kawasan 'Ring of Fire'. Indonesia merupakan daerah yang dilalui oleh jalur pertemuan tiga lempeng tektonik, di antaranya lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik.

Kondisi di atas membuat Indonesia menjadi negara rawan bencana gempa bumi.

Untuk itu, masyarakat Indonesia disarankan untuk mengetahui langkah-langkah penting yang dilakukan saat terjadi gempa bumi. Adanya pengetahuan mengenai hal tersebut dapat meminimalisasi jumlah korban dan meningkatkan potensi selamat.

Alih-alih panik tak terkendali, masyarakat disarankan untuk melakukan hal-hal berikut, mengutip laman Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan:

1. Berlindung di bawah meja untuk menghindari benda-benda yang mungkin jatuh dari atas seperti atap atau benda berbahaya lainnya.

2. Melindungi kepala dengan menggunakan bantal atau helm. Atau, cobalah berdiri di bawah pintu.

3. Jika sedang memasak, segera matikan kompor.

4. Matikan juga semua peralatan yang menggunakan listrik untuk mencegah terjadinya kebakaran.

5. Bila keluar rumah, perhatikan kemungkinan pecahan kaca, genteng, atau material lain. Tetap lindungi kepala, misal dengan menggunakan helm atau menutupnya dengan bantal, dan segera menuju ke lapangan terbuka.

6. Jangan berdiri di dekat tiang, pohon, atau sumber listrik.

7. Gunakan tangga darurat untuk melakukan evakuasi keluar bangunan, khususnya bagi Anda yang sedang berada di dalam gedung. Apabila sedang berada di dalam elevator, tekan semua tombol atau gunakan interphone untuk berkomunikasi dengan petugas/pengelola gedung.

8. Kenali bagian bangunan gedung atau rumah yang memiliki struktur kuat, seperti pada sudut bangunan untuk berlindung.

9. Ikuti instruksi evakuasi dari pengelola, penjaga, atau petugas yang berwenang.

Daftar hal-hal yang harus dilakukan saat terjadi gempa bumi di atas dapat membantu Anda meningkatkan peluang bertahan di tengah bencana.***