Anies dan JK Hadiri Munas KAHMI, Jokowi Batal Datang

(Sumber : BPMI Sekretariat Wakil Presiden RI)

PALU (SURYA24.COM) – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), batal menghadiri dan membuka pelaksanaan Musyawarah Nasional atau Munas XI Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam atau KAHMI di Palu, Sulawesi Tengah.

Padahal sebelumnya Jokowi dijadwalkan untuk memberikan arahan sekaligus membuka jalannya Munas XI KAHMI. Akhirnya yang mewakili Jokowi untuk membuka Munas IX KAHMI adalah Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin.

Melansir viva.co.id, sejumlah tokoh lainnya yang juga hadir dalam acara pembukaan Munas XI KAHMI di Palu diantaranya Menkom Polhukam Mahfud MD, Wakil Presiden RI ke 10 dan 12 Jusuf Kalla, Mantan Guberur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, Mantan Menteri ATR/BPN Ferry Mursyidan Baldan.

Dalam sambutannya, Ma’ruf Amin, menegaskan selama setengah abad Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) telah membuktikan aktif dan memiliki andil dalam membangun bangsa.

"KAHMI telah berkhidmat kepada bangsa melalui kerja ekonomi, politik, sosial dan budaya yang berlandaskan pada nilai islam dan Indonesia," katanya saat membuka Musyawarah Nasional di Palu, Jumat.

Dia berpesan agar semua berbakti kepada umat dan bangsa dan kepada umat manusia harus berdiri di atas nilai islam dan keindonesiaan. Ia juga mengapresiasi program kerja KAHMI dalam mendukung kesuksesan agenda pembangunan pemerintah, antara lain melalui penguatan UKM dan pertemuan bisnis, maupun kegiatan bersifat filantropi dalam rangka pemberdayaan masyarakat.

"Saya minta program KAHMI semakin relevan dan tepat sasaran secara ciri inovasi dan kolaborasi," ujarnya. Baca Juga :

Menurut dia, Munas XI KAHMI adalah mekanisme yang strategis menjadi struktur kekuasaan tertinggi dalam pengambilan keputusan, sekaligus sarana konsolidasi seluruh anggota KAHMI.

"Jadikan momen Munas menujukan bahwa KAHMI dapat menjadi model Demokrasi yang santun dan cerdas. Jangan sampai ada kursi melayang," pesannya.

Sebelumnya, Pengurus Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Provinsi Sulawesi Tengah, memastikan kehadiran Presiden RI Joko Widodo hadir pada pelaksanaan Munas XI KAHMI yang akan berlangsung pada 24-28 November 2022, di Sriti Convention Hall, Kota Palu.

"Sampai saat ini pak Presiden masih on schedule, akan hadir membuka acara Munas KAHMI. Sesuai jadwal, Insya Allah Presiden Jokowi akan tiba di Palu, pada 25 November 2022, berdasarkan penyampaian dari Panitia Nasional," kata Sekretaris Panitia Daerah Munas XI KAHMI, Ruslan Sangadji, dihubungi Jumat Dia juga memastikan pengamanan terhadap Presiden Jokowi jelang pembukaan Munas XI KAHMI, pada 24 November 2022 mendatang, akan diperketat.

Sebanyak 150 Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) pada H-3 akan di kirim ke Palu untuk memastikan keamanan orang nomor satu di Indonesia itu selama berada Palu. ***