Air Mulai Surut, Petani Keluhkan Tanaman Rusak

555 KK Korban Banjir Pujud Terima Bantuan Baznaz

BAGANSIAPIAPI (Surya24.com) - Setelah lama menunggu datangnya bantuan untuk korban banjir akhirnya Selasa (14/1/2020) sebanyak 555 KK atau 2.122 jiwa di 6 Kepenghuluan 1 Kelurahan di Kecamatan Pujud Rokan Hilir Riau dapat bantuan Baznas Rohil.

Bantuan dalam bentuk sembako seperti beras, mie instan, minyak goreng ini di serahkan Wakil Bupati Rohil Drs.H.Jamiludin di dampingi Komisioner Baznas Rokan Hilir langsung ke lokasi banjir.

Camat Pujud Hasyim SP di dampingi Azhar Penghulu Air Hitam, Rabu (15/1/2020) menyebutkan bantuan Baznas sangat membantu korban banjir di Kecamatan berbatasan dengan Rohul tersebut. " Kami bersyukur atas bantuan Baznas ini, " ucap Hasyim SP.

Hasyim SP menyebutkan sejak Desember 2019 hingga Januari 2020 banjir menggenangi 6 Kepenghuluan 1 Kelurahan di Pujud. " Akibat meluapnya sungai Rokan tepian sungai daratan yang rendah di genangi banjir, " ujar Hasyim SP.

Wakil Bupati Rohil Drs.H.Jamiludin menyebutkan Pemkab tetap konsisten dan peduli terhadap musibah banjir. " Pemkab tetap memantau dan beberapa waktu lalu saya mendampingi Wagubri Bapak Edi Natar Nasution meninjau korban banjir di Rangau, saat ini di Pujud pula, " aku Jamiludin.

Berdasarkan Surat Camat Pujud Nomor .400 / KPC-PKN / 2020 /2 meluapnya sungai rokan akibat tingginya curah hujan menggenangi Kepenghuluan Ulak Kumahang 150 rumah, Air Hitam 201 rumah, Babussalam Rokan 14 rumah, Kelurahan Pujud Selatan 56 rumah, Kasangbangsawan 56 rumah, Siarang-Arang Rokan 13 rumah Sungai Pinang 10 rumah.

" Selama banjir aktifitas warga terganggu dan tanaman muda seperti pisang dan lain-lain rusak, petani merugi, " ucap Podi (35) warga setempat dan menyebutkan untuk dapat bepergian keluar kampung warga mempergunakan sampan dan rakit saja.

Masih menurut warga, dengan datangnya bantuan sembako dari Baznas Rohil membuat warga lega dan mensyukuri nikmat tersebut. " Sangat kami syukuri, apalagi bantuan datang terpaksa menembus banjir dengan kapal boat kecil hingga sampai ke lokasi penyerahan bantuan, " sebut Azhar Penghulu Air Hitam Pujud.

Ketua Baznas Rohil Baharudin melalui Komisioner Baznas Syaiful Hotma, Rabu (15/1/2019) menyebutkan bantuan dari zakat ummat di kumpulkan Baznas. " Baznas menyalurkan zakat terkumpul untuk maslahat ummat sesuai tupoksinya untuk korban musibah, bantuan dan lain sebagainya, " aku Syaiful Hotma SE. (Hen/Yan)


Tulis Komentar