Pria Ini Mengeluh Sakit, Ternyata Ada Cacing 'Menari-nari' di Testisnya, Kok Bisa? Simak Yuk

(Dok: iStockphoto/vchal)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Seorang pria mengeluh sakit dan bengkak pada testis atau buah zakarnya. Keluhan yang terjadi hampir satu bulan itu juga disertai demam berkepanjangan. Pria asal India ini kemudian mendatangi rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan. Dokter kemudian mencurigai adanya infeksi cacing pada buah zakar pria tersebut.

Benar saja, setelah dilakukan pemeriksaan dan observasi, ditemukan sejumlah cacing yang menari-nari di dalam buah zakar.

Mengutip Medical Express, dua dokter di Max Super Speciality Hospital India kemudian mendokumentasikan tarian cacing filaria tersebut. Dalam video itu, terlihat gelombang cacing hidup yang menari-nari di dalam testis.

Dikutip dari cnnindonesia.com, sebuah studi kemudian dilakukan berkaitan dengan kasus yang dialami pria 26 tahun itu. Pertama-tama, dokter memeriksa pasien menggunakan ultrasonografi. Setelahnya, dokter mengeluarkan cairan yang menumpuk di buah zakar untuk diperiksa oleh tim laboratorium.

Sampel darah juga diambil untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan. Menukil laman The Health Site, dalam laporan hasil pengujian itu, para dokter melihat adanya eosinofil absolut di aliran darah dalam jumlah besar. Eosinofil absolut adalah komponen sel darah putih yang menjadi aktif saat terjadi alergi atau infeksi dalam tubuh.

Selain itu, dokter juga menemukan struktur linier echogenik dengan gerakan di dalam salah satu saluran testis. Dokter menggambarkan aktivitas ini sebagai 'tarian filaria'.

Dokter kemudian mendiagnosis pasien dengan infeksi Wuchereria bancrofti. Nama terakhir merupakan salah satu jenis parasit yang menyebabkan penyakit pada manusia.

Dokter melihat parasit yang menempel pada testis pasien tampak seperti parasit yang menyebabkan malaria, utamanya ditularkan melalui gigitan nyamuk. Namun, kondisi ini terbilang langka dan biasanya terjadi saat seseorang berkali-kali mendapatkan gigitan nyamuk.

Begitu parasit ini memasuki aliran darah, ia dapat berkembang biak dengan sangat cepat dan menghasilkan jutaan keturunan. Tarian filaria sendiri bisa muncul karena aktivitas cacing yang seperti benang, bergerak di bagian testis pasien.

Buah zakar atau skrotum adalah salah satu bagian penting dari sistem reproduksi pria. Skrotum menjadi tempat tinggal testis yang membantu produksi, penyimpanan, dan transportasi sperma.

 

Penting untuk menjaga organ ini dengan baik. Salah satunya bisa dilakukan dengan mengetahui tanda-tanda awal adanya masalah pada buah zakar. Berikut di antaranya:

- muncul benjolan yang tidak biasa,

- nyeri di area buah zakar yang tidak biasa,

- nyeri di punggung bagian bawah, selangkangan, dan daerah perut,

- pembengkakan testis,

- kemerahan pada kulit di dekat testis,

- mual dan muntah,

- demam,

- muncul kotoran atau noda darah di urine.***