Jangan Asal Cuci Muka Ini Cara yang Benar untuk Semua Jenis Kulit

Ilustrasi (dok: iStockphoto)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Mencuci muka merupakan salah satu bentuk perawatan kulit paling dasar dan sederhana untuk membersihkan wajah dari sisa makeup, debu, serta kotoran.

Cara cuci muka yang benar tidak sebatas mengandalkan air dan sabun saja. Ada beberapa tahapan yang diperlukan agar kulit jadi bersih menyeluruh.

Dikutip dari cnnindonesia.com, selain itu, pemilihan produk pembersih wajah juga perlu diperhatikan. Sebab beda jenis kulit, berbeda pula formula yang dibutuhkan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara mencuci muka dengan benar sesuai jenis kulit agar hasilnya bersih maksimal.

Cara Cuci Muka untuk Kulit Kering

Pemilik kulit kering sebaiknya tidak memakai sabun cuci muka berbahan alkohol, detergen/SLS, dan asam salisilat. Sebab kandungan tersebut punya sifat menghilangkan minyak alami wajah.

Selain itu, pemilik kulit wajah kering disarankan untuk tidak terlalu sering mencuci muka. Cukup lakukan saat malam hari menjelang tidur dan pagi harinya dibilas air biasa saja.

Berikut cara mencuci muka yang benar untuk pemilik kulit kering.

Anda bisa menggunakan beberapa tetes micellar water untuk mengangkat semua kotoran di muka. Pastikan tidak menggosok secara kasar.

Setelah memakai makeup remover, lanjut mencuci muka dengan facial foam sambil pijat merata dengan gerakan memutar, tapi jangan terlalu lama. Bilas dengan air dingin biasa dan jangan pernah mencuci muka menggunakan air hangat.

Apabila sudah selesai dibilas, pakai handuk muka berbahan lembut dan cukup menepuk-nepuk wajah perlahan, atau dibiarkan kering secara alami.

Terakhir, jangan lupa mengoleskan pelembap atau memakai rangkaian skincare lainnya agar kulit wajah tetap lembap dan tidak kering.

Cara Cuci Muka untuk Kulit Berjerawat

Cara cuci muka yang benar untuk kulit berjerawat sebaiknya dilakukan rutin dua kali sehari yaitu setiap pagi dan malam.

Sebelum mencuci muka wajib membersihkan tangan terlebih dahulu. Pilih sabun muka berbahan tea tree, asam salisilat, atau sulfur. Kandungan ini ampuh membasmi bakteri penyebab jerawat.

Berikut cara mencuci muka yang benar untuk pemilik kulit berjerawat.

 

Awali dengan memakai makeup remover agar kotoran, debu, dan sisa makeup terangkat. Ini penting supaya residu tidak menyumbat pori-pori yang bisa memperparah jerawat.

Tahap kedua mulai menggunakan sabun cuci muka khusus kulit berjerawat. Saat mengaplikasikan sabun pijat lembut dengan ujung jari.

Lalu bilas muka dengan air biasa sampai bersih. Air dingin sudah cukup untuk membersihkan residu sabun dan pastikan tidak ada sisa sabun tertinggal.

Jangan pernah menggunakan air panas untuk membilas muka. Sebab air panas berisiko mengiritasi kulit sekaligus membuat pori-pori jadi besar dan memicu jerawat.

Mengelap muka dengan tisu sekali pakai atau kain tipis lembut sambil tepuk-tepuk perlahan.

Cara Cuci Muka untuk Kulit Berminyak

Bila Anda termasuk pemilik kulit berminyak, maka harus mencari sabun cuci muka berbahan dasar busa yang mengandung AHA, BHA, niacinamide, atau charcoal.

Sabun tersebut mempunyai manfaat dalam menyerap kelebihan minyak di muka. Selain itu, pastikan juga kandungannya bebas wewangian, bahan kimia, atau pelembap berbahan dasar minyak.

Berikut cara mencuci muka yang benar untuk pemilik kulit berminyak. Mulai bersihkan muka dengan micellar water atau cleanser sampai ke bagian leher.

Lanjut memakai sabun cuci muka yang memiliki formula oil-control, agar sisa minyak terangkat semua. Setelah itu, bilas dengan air sampai bersih dan jangan menggunakan kain waslap kasar untuk menyeka sisa air, karena berisiko merangsang kulit memproduksi minyak berlebih.

Anda dapat melanjutkan ke rangkaian skincare seperti memakai toner, esens, dan serum wajah.

Cuci muka ini hanya boleh dilakukan maksimal dua kali sehari, terutama setelah beraktivitas yang memicu keringat dan menggunakan makeup.

Itulah beberapa cara cuci muka yang benar dan pastikan produk yang dipakai juga sesuai kondisi kulit.***