Biar Pasangan Cepat Hamil, Ini 11 Makanan Penyubur Sperma

Ilustrasi. Makanan penyubur sperma untuk meningkatkan kesuburan pria. (dok: iStockphoto/bit245)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Pria dapat mengonsumsi makanan penyubur sperma untuk meningkatkan kualitas dan jumlah sperma yang dihasilkan.

Sebab, kualitas sperma merupakan hal yang penting bagi pria karena dapat meningkatkan peluang kehamilan bagi pasangan.

Dikutip dari cnnindonesia.com, untuk mendapatkan sperma yang berkualitas, maka pria harus mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, serta tentunya mengandung nutrisi yang memang bisa meningkatkan produksi sperma.

Melansir Heathline, makanan yang dikonsumsi juga memengaruhi fungsi seksual, seperti mempengaruhi hasrat seksual alias libido, disfungsi ereksi, hingga tingkat hormon testosteron yang berpengaruh pada peluang kehamilan.

Makanan Penyubur Sperma

Berikut 11 makanan yang dapat menyuburkan sperma agar menghasilkan sperma yang banyak dan berkualitas.

1. Daging sapi

Dikutip dari laman CNY Fertility, daging sapi merupakan makanan yang dapat meningkatkan volume, motilitas atau kemampuan gerak sperma, dan persentase morfologi sperma.

Sebab, daging sapi mengandung zinc, selenium, vitamin B12, karnitin, dan lainnya yang memengaruhi kualitas sperma.

Per 100 gram daging sapi mengandung 22,4 mg zinc, 133,3 mcg selenium, 6,4 mcg vitamin B12, dan 432 mg karnitin. Penelitian menunjukkan zinc dan karnitin sangat vital untuk kesuburan pria.

2. Ikan

Tak hanya daging sapi, kandungan zinc juga banyak terkandung di berbagai jenis ikan. Studi menunjukkan jika pria kekurangan zinc, maka akan menurunkan kadar hormon testosteron.

Padahal, hormon ini memengaruhi kualitas sperma. Dengan kata lain, zinc sangat berpengaruh pada kualitas sperma.

3. Tiram

Selain ikan, makanan laut lainnya juga memiliki kandungan zinc cukup tinggi adalah tiram. Bahkan, tiram kerap disebut sebagai sumber utama zinc karena kandungannya paling tinggi di antara makanan lain.

Kandungan zinc pada tiram mencapai 76,3 mg, vitamin B12 16,3 mcg, selenium 53,5 mcg, dan vitamin D 269 IU. Kandungan ini dapat meningkatkan jumlah dan menambah gerak sperma untuk menuju sistem reproduksi wanita, sehingga menambah peluang kehamilan.

4. Telur

Cara memperbanyak sperma kental selanjutnya adalah dengan mengonsumsi telur. Sebab, telur merupakan sumber protein tinggi yang dapat menambah nutrisi sperma sehingga menjadi lebih kuat.

Tak hanya itu, asupan protein pada telur juga bisa menambah jumlah, meningkatkan gerak, hingga melindungi sperma dari radikal bebas.

5. Bayam

Makanan penambah sperma berikutnya adalah bayam yang kaya kandungan asam folat. Asam folat dapat dikatakan merupakan suplemen penambah sperma terbaik.

 

Bayam juga dapat mengurangi jumlah sperma yang abnormal. Hal ini penting agar sperma bisa hidup lebih lama ketika masuk ke dalam rahim, sehingga memperbesar peluang bertemu sel telur untuk pembuahan.

6. Pisang

Selain makanan berat, ada juga buah untuk penambah sperma, yaitu pisang. Pisang memiliki kandungan berbagai vitamin seperti vitamin A, B1, dan C. Seluruhnya penting untuk produksi sperma.

Selain itu, pisang juga mengandung enzim bromelain yang dapat mencegah peradangan sekaligus memperbaiki kualitas sperma.

7. Jeruk

Tak hanya pisang, sumber vitamin penambah sperma juga terdapat di buah-buahan sitrus, seperti jeruk dan lemon. Selain multivitamin, jeruk dan lemon juga tinggi asam folat.

Pria setidaknya perlu asupan asam folat sebanyak 400 mcg untuk memproduksi sperma yang berkualitas dan sehat. Semakin sehat sperma, peluang kehamilan pun semakin besar.

8. Akar maca

Akar maca adalah rempah yang terkenal mampu menyuburkan sperma karena dapat meningkatkan volume air mani.

Penelitian menunjukkan konsumsi bubuk akar maca sekitar 1,75 gram per hari selama tiga bulan dapat meningkatkan jumlah sperma pada pria.

9. Kacang kenari

Kacang kenari memiliki kandungan lemak dan protein yang dapat meningkatkan kesuburan produksi sperma. Selain itu, volume sperma juga bisa meningkat karena terdapat kandungan omega-3 dan arginin di kacang kenari.

10. Biji labu

Biji labu mengandung fitosterol yang merupakan zat perangsang kesuburan sperma pria.

Selain itu, ada pula kandungan omega-3 di biji labu yang berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan volume air mani.

11. Asparagus

Asparagus merupakan makanan yang membuat sperma kental atau tidak encer. Selain itu, konsumsi asparagus juga bisa meningkatkan produksi sperma dan menangkal radikal bebas serta melindungi sel-sel testis.

Soalnya, makanan penambah sperma ini juga kaya akan vitamin C yang penting untuk kesuburan reproduksi pria.***