Zuriat Sultan Siak V Serahkan Silsilah Keturuan kepada Pemprov Riau

PEKANBARU (Surya24.com) - H.Alias Bin H.Ahmad dan keluarga yang datang dari Negara Brunai Darussalam didampingi kerabatnya,T.Amir Ahmad saat bertemu dan bersilaturahmi dengan Asisten I Setda Provinsi Riau,Drs.H.Masrul Kasmi yang mewakili Gubri H.Syamsuar,Jumat (6/1/2022) turut menyerahkan silsilah keturunan mereka kepada Pemprov Riau.

Silsilah keturunsn Sultan Siak Sri Indra Pura V,Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazamsyah ini dalam bentuk buku dilengkapi photo dan garis keturunanya.

T.Amir Bin Ahmad saat mendampingi H.Alias Bin H.Ahmad,Sabtu (7/1/2023) menyebutkan silsilah keterunan ini telah ada awalnya 250 Tahun lalu dan hingga saat ini.

Seiring perkembanganya di kumpulkan oleh zuriat Sultan V yang menetap di Negara Brunai Darussalam dan juga di Indonesia,Siak dan beberapa daerah lainya.

" Sejak 2017,2018 keluarga kami dari zuriat Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazamsyah sudah beberapa kali bertemu dan menggelar haul, " Aku T.Amir Ahmad.

T.Amir Ahmad,H.Alias Bin H.Ahmad menyebutkan,ketika awalnya zuriat Sultan Siak menetap di Brunai memang tidak memasangkan gelar Tengku atau Sultan di Brunai tersebut.

" Memang,gelar Tengku dan lainya tidak di pakai secara resmi mengingat sesuatu hal saat itu,tapi bagaimanapun silsilah zuriat tetap dicatat rapi tambahnya, " Aku H.Alias Bin H.Ahmad.

Menurutnya bagi pihak mereka hubungan kekerabatan baik yang berada di Riau,Indonesia,Brunai,Singapura dan Malaysia tetap terjalin baik.

" Kerabat kami,zuriat Sultan Siak akan mengadakan haul,tapi kami akan pastikan dulu waktunya, " Tambah Tengku Amir Ahmad.

Dimana saat bertemu Gubri yang diwakili Asisten I,Drs Masrul Kasmi dan Biro Kesra Rudi Hartono rombongan zuriah Sultan Siak V ini turut di dampingi Ketua DMDI Riau,Datuk Seri Ir.Ajis Bin Manaf,Sekretaris DMDI,Datuk Taslim MA dan Wakil Sekretatis Dunia Melayu Dunia Islam,Datul H.Yan Faisal turut menyerahkan cendeta mata berlogokan Negara Brunai Darussalam (hy)