Kenapa Jarum Jam Berputar ke Kanan, Ayo Kenapa?

Ilustrasi Jam. (Foto: Freepik)

JAKARTA (SURYA24.COM)– Jarum jam memang berputar ke kanan, yang kebetulan juga sama dengan arah rotasi Bumi. Namun yang jadi pertanyaan adalah dari mana standar tersebut? Untuk menjawabnya, simak ulasan berikut.

Seperti dihimpun dari laman Today I Find Out, hal ini sudah berlangsung sejak zaman Mesir kuno. Kala itu bangsa Mesir kuno menggunakan bayangan yang dimunculkan dari sepotong tongkat untuk menentukan waktu.

Dikutip dari kompas.com, sejak orang Mesir dan Babilonia kuno membuat jam bayangan pertama mereka sekitar tahun 3.500 SM, pengukuran waktu ditetapkan bergerak searah jarum jam. Metode ini terus digunakan hingga era modern seperti sekarang ini.Ketika jam mekanis diperkenalkan di Eropa pada abad ke-14, sang penemu jam tersebut juga kebetulan sangat akrab dengan jam Matahari hingga kemudian jarum jam juga dibuat mirip dengan bayangan dari jam Matahari yang menandai waktu.

Pada akhir abad itu bahkan ketika katedral menampilkan jam mereka, mereka membuatnya dengan meniru nenek moyang mereka yamg menemukan jam Matahari. Istilah "searah jarum jam" lantas digunakan dalam bahasa Inggris sampai tahun 1870-an.

Itulah mengapa arah jarum jam ke kanan. Bagaimana, sudah bisa tidur nyenyak? Semoga bermanfaat.***