Asisten I Setda Riau Sambut Kunjungan Hormat Utusan Universiti Malaka

PEKANBARU (Surya24.com) - Asisten I Bidang Pemerintahan Dan Kesra Setda Provinsi Riau, Drs.Masrul Kasmi, Rabu (1/2/2023) mewakili Gubernur Riau,Drs.H.Syamsuar Msi menyambut hormat kedatangan Profesor.DR.Abdul Razak Bin Ibrahim dan Datuk Profesor.DR.H.Baharudin Bin H.Putih dari Universiti Malaka (Malaysia), di ruang pertemuan Kantor Gubernur Riau Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru.

Kedatangan Conselur dan Naik Conselur dari Universiti Malaka ini turut di dampingi Sekretaris DMDI (Dunia Melayu Dunia Islam) Provinsi Riau, Datuk Ustaz Drs.Taslim Bin Misdan bersama Raja Yandra.Msi dan Datuk H.Yan Faisal.

Kedatangan Prof.DR Abdul Razak Bin Ibrahim dan Datuk Prof.DR.H.Baharudin Bin H.Putih dari Universiti Malaka ini sekaligus mewakili Biro Pendidikan Dunia Melayu Dunia Islam Kerajaan Malaka, (Malaysia).

Drs.Masrul Kasmi mengucapkan terima kasih atas kunjungan utusan Universiti Malaka Malaysia yang juga Pengurus Dunia Melayu Dunia Islam Malaka Malaysia ini.

" Selamat datang, kami atas nama Pemerintah Riau menyambut baik kunjungan ini dan terlebih lagi program kerja sama dengan membuat MoU dengan 5 (lima) Universitas di Riau ini, " ucap Asisten I Setda Provinsi Riau tersebut.

Drs.Masrul Kasmi menambahkan kedepanya tentunya hubungan baik dan MoU yang dibuat menambah hubungan baik dan erat di dunia pendidikan dan budaya dimasa mendatang.

" Untuk Pendidikan Pak Gubri, H.Syamsuar memprogramkan pendidikan vokasi yang dapat menyerap lapangan pekerjaan dan industri, " sebut Drs Masrul Kasmi.

Selanjutnya Prof.DR.Abdul Razak Bin Ibrahim mengaku sangat bangga melihat sambutan baik dan banyak kesamaan antara Melaka dengan Riau karena serumpun Melayu Nusantara.

" Banyak kesamaan sejarah, jadi kedatangan kami ini untuk menjalin kerjasama pendidikan, baik untuk mahasiswa naupun dosen untuk kuliah di Universiti Malaka, dan sebaliknya Mahasiswa dan Dosen dari Malaka di Riau ini, " ujar Prof DR.Abdur Razak.

Usai pertemuan dengan Gubri di wakili Asisten I, Drs.Masrul Kasmi yang turut didampingi Dinas Pendidikan Provinsi Riau dilanjutkan dengan penyerahan cendera mata antara kedua Negara Malaysia dan Indonesia.

Selanjutnya rombongan Prof.DR.Abdul Razak Bin Ibrahim melanjutkan perjalananya ke Universitas Lancang Kuning (Unilak) di Rumbai Pekanbaru.

Kedatangan Prof.DR.Abdul Razal dan rombongan di Unilak disambut Rektor Unilak, DR.Junaidi SH.MH bersama jajaran Dekan dan dosen Unilak dan staff.

Disini, Universiti Malaka memaparkan program kerjasama dari berbagai program pendidikan untuk S2 (Setara 2) dsn S3 baik kepada dosen maupun mahasiswa dalam program tersebut.

Usai pemaparan kedua belah pihak, Universiti Malaka dan Unilak menanda tangani Nota Kesepahaman atau MoU dan ditandangani Prof DR Abdul Razak Bin Ibrahim dan DR Junaidi SH MH.

Setelah acara puncak MoU dilanjutkan  makan bersama di sebuah restoran ternama di Jalan Yos Sudarso Rumbai. Kunjungan hormat dari Universiti Malaka ini kemudian dilanjutkan ke Universitas Abdurrabb Kampus II Pekanbaru.

Di Universitas Abdurrabb ini kedatangan Prof.DR.Abdul Razak Bin Ibrahim disambut hangat Rektor Universitas Abdurrab, Prof.Susi Endriani,SSi.Msv.Phd, DR.dr.Susiana Trabrani Mpd, Pembina Yayasan, Dr.Ivan Tabrani.M Kes, Ketua Yayasan Abdurrab dan Kenepri.S.IP.Msi.

Di Universitas Abdurrab ini pihak Universiti Malaka dan Universitas Abdurrab saling berbagi informasi tentang perkembangan Universites ini dan sosok almarhum Prof.dr.Tabrani RAB pendiri Yayasan Aburrab san adalah seorang tokoh ternama di Riau sekaligus budayawan ini.

Kemudian dilanjutkan dengan penanda tanganan MoU dan saling bertukar cendera maka. Rombongan Universiti Malaka dan DMDI Riau menziarahi makam almarhum Prof.dr.Tabrani Rabb di komplek Kampus II dan beramah tamah untuk menyelaraskan program lainya dimasa mendatang.(hy)