Ini Cara Mengedukasi Anak agar Terhindar dari Penculikan, Orang Tua Wajib Tahu!

Ilustrasi penculikan anak. (Pixabay/Kalhh)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Isu terkait penculikan anak kembali marak beredar di berbagai daerah. Untuk itu para orang tua harus selalu waspada serta memberikan edukasi kepada anak-anaknya.

Sebelumnya, sebuah video viral yang memperlihatkan penculikan anak yang terjadi di daerah Bekasi (belum terkonfirmasi) ramai dibahas warganet.

Dikutip dari suara.com, dalam video tersebut, seorang anak perempuan sedang duduk di depan rumahnya. Lalu, muncul seorang lelaki yang nampak asing kemudian hendak memasukkan anak itu ke dalam karung.

Namun, setelah ditelusuri video tersebut merupakan palsu alias hoaks. Hal itu dikonfirmasi langsung oleh Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Hengki.

"Sudah (pengecekan). Itu berita hoax dan itu kejadian tahun 2020 dan itu bukan di wilayah kami, bukan di Wisma Asri,” kata Hengki seperti dikutip dari Suara.com (29/1/2023).

 

Meski begitu, para orang tua sudah terlanjur panik. Apalagi sebuah pesan berantai beredar di sejumlah grup WhatsApp yang meminta untuk waspada terhadap penculikan anak.

Lantas, apa yang seharusnya dilakukan oleh para orang tua?

Melansir dari laman Kids Health, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan orang tua untuk mengajari anaknya dalam upaya mencegah penculikan. Berikut 7 cara mengedukasi anak agar terhindar dari penculikan.

1. Jangan pernah menerima permen atau hadiah dari orang asing.

2. Jangan pernah pergi ke mana pun dengan orang asing.

3. Ingatkan bahwa orang dewasa yang tidak mereka kenal tidak boleh meminta bantuan atau melakukan sesuatu untuk mereka.

4. Lari dan berteriak jika seseorang mengikuti atau mencoba memaksa untuk ikut menaiki kendaraan.

5. Mintalah untuk mengatakan ‘tidak’ kepada siapa pun yang mencoba membuat atau melakukan yang tidak nyaman terhadap mereka.

6. Selalu beri tahu orang tua atau orang dewasa terpercaya lainnya jika orang asing membuat atau melakukan yang tidak nyaman terhadap mereka.

7. Selalu meminta izin jika hendak pergi ke luar rumah.***