Aset Musium Tionghoa Rohil Raib Digasak OTK

Kapolsek Bangko bersama anggota saat melakukan penyelidikan di Musium Tionghoa Rohil usai digasak OTK

Bagansiapiapi.(Surya24.com) - Sungguh disayangkan aset yang ada di Musium Tionghoa Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir yang berada di Jalan Pesisir Sungai Rokan Batu Enam Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir raib digasak orang tak dikenal (OTK) alias maling,Selasa (4/2/2020).

Hingga Rabu (5/2/2020), atas raibnya aset musium itu, Polsek Bangko sudah menerima laporan dari Dinas Pariwisata Selasa 4 Februari 2020, Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SH turun langsung ke TKP bersama team melakukan penyelidikan dan Plt Kadis Pemuda dan Olahraga Rohil Budiman ST bersama stafnya.

Pada peristiwa itu, kondisi bangunan berserakan pecahan kaca dilantai, pintu dan jendela di rusak, barang-barang yang berada didalamnya raib dari tempatnya," Kita dapat informasi ini segera langsung menuju ke musium, kita cek kondisi terkini dan kejadian ini sudah saya laporkan ke Pak Bupati dan Sekdakab Rohil," Ucap Plt Kadis Pemuda dan Olahraga Budiman ST.

Menurutnya musium tionghoa tersebut memang dalam setahun terakhir tidak ada penjaga malamnya , " Barangbarang yang tersisa kita amankan ke Kantor Dispora,"Ujarnya, Sementara yang hilang dikatakannya lagi hampir sebagian barang raib digasak maling.

Data yang dirangkum barang yang digasak maling itu diantaranya sepeda ontel, patung-patung, koleksi foto, keramik, patung harimau, dan barang antik lainnya," Seharusnya kita sebagai warga Bagansiapiapi ini menjaga bersama kampung kita ini, memang lah maling ini semua di hembatnya,"Ucap Irwan (23) warga Bagansiapiapi saat dimintai komentarnya,Rabu (5/2/2020).**